Mengoptimalkan Website untuk Perangkat Mobile - Sebuah Strategi yang Harus Anda Tempuh

website-responsif



Intro Website Responsif


Topik pemasaran mobil sering diperbincangkan oleh para marketer belakangan ini yang mana terkadang diartikan berbeda-beda oleh mereka. 

Disaat banyaknya perbedaan penafsiran, namun ada satu hal yang dapat menjadi pesan utama kepada marketer ataupun pemilik bisnis yang ingin memanfaatkan perangkat mobile dalam pemasaran bisnis yakni: pengoptimalan tampilan website untuk perangkat mobile.

Sementara itu ada beberapa opsi yang berbeda didalam memberikan pengalaman kepada pengguna mobile seperti membuat website khusus untuk perangkat mobile atau membuat sebuah aplikasi mobile. 

Namun metode yang terbaik jika dilihat dari segi pengoptimalan adalah menggunakan sebuah website dengan desain responsif (responsive design).

Apa Itu Website Responsif?


Website responsif adalah website yang menggunakan URL dan HTML yang sama pada semua perangkat: desktop, laptop, tablet, dan smartphone. 

Satu-satunya yang berubah adalah kode CSS-nya, yang mana merupakan bahasa pemrograman untuk mengatur gaya dan format dari sebuah halaman website.

CSS mengijinkan konten pada halaman website Anda untuk beradaptasi pada ukuran layar yang berbeda, yang mana berarti bahwa pengunjung selalu mendapatkan tampilan dan pengalaman browsing yang luar biasa. 

Lebih dari itu, Google lebih mengutamakan desain responsif daripada teknologi mobile lainnya karena hal tersebut lebih mempermudah mereka dalam melakukan penjelalajahan dan pengindeksan.

Cara Mengecek Website 

Untuk mengetahui apakah website Anda sudah responsif atau belum, Anda dapat mengeceknya melalui alat/tools Google yang bernama "Mobile Friendly Test".

responsif-test

Anda cukup memasukkan alamat url website Anda ke dalam kotak yang disediakan lalu klik tombol "Run Test" maka hasilnya akan segera ditampilkan.


responsif-test



 Kesimpulan


Dengan uraian singkat ini dapat difahami bahwa memiliki sebuah website yang dioptimalkann untuk perangkat mobile sangatlah penting.

Jika website Anda belumlah responsif, mintalah web designer Anda untuk segera meningkatkatnya

Sekian ulasan kita, semoga bermanfaat. Jika ada yang hendak ditanyakan, silahkan titip pertanyaan Anda di kolom komentar di  bawah.

Dukung Kami dengan Membagikan Artikel ini

Artikel Terkait