Memahami Biaya Iklan AdWords
SukriSudin.id - Setelah Anda memahami tentang pengaruh kualitas iklan AdWords terhadap biaya beriklan dan peringkat iklan Anda dalam persaingan, maka kali ini Indonesia Digital Marketing akan menguraikan tentang biaya iklan AdWords.
AdWords memberikan Anda kebebasan dalam mengontrol biaya periklanan Anda dan tidak ada jumlah minimal yang perlu Anda keluarkan. Sebaliknya, Anda dapat mengatur dana harian dan memilih bagaimana Anda akan menghabiskan dana Anda tersebut.
Memilih bagaimana Anda akan menghabiskan uang Anda berarti memilih bagaimana Anda ingin melakukan penawaran. Cobalah memilih strategi penawaran berdasarkan tujuan Anda, seperti: apakah Anda ingin fokus untuk mendapatkan klik, tayangan, atau konversi. Berikut ini beberapa gambaran strategi penawaran yang dapat Anda pilih dalam kampanye AdWords Anda:
Anggaran harian adalah jumlah yang bersedia untuk Anda habiskan setiap hari, pada jumlah rata-rata, untuk setiap kampanye iklan di akun Anda. Jumlah tersebut sepenuhnya terserah kepada Anda, dan Anda dapat mengeditnya kapan pun Anda suka.
Ketika Anda menetapkan penawaran, Anda menetapkan jumlah maksimum yang bersedia Anda bayar baik itu untuk 1 klik pada iklan Anda, 1.000 tayangan iklan, atau 1 konversi. Biaya yang sesungguhnya akan Anda bayar mungkin akan bervariasi dari lelang ke lelang.
Tapi meskipun biaya yang sesungguhnya akan Anda bayar kemungkinan berbeda, namun Anda tak perlu khawatir karena anggaran harian Anda akan membatasi total biaya yang dapat dikenakan kepada Anda tidak akan lebih dari rata-rata jumlah hari dalam sebulan (30,4). Misalnya Anda menetapkan anggaran harian sebesar Rp. 50.000,- maka Anda tidak akan dikenakan biaya bulanan lebih dari Rp. 1.520.000,- (50.000 x 30,4).
Total akhir yang akan ditagihkan kepada Anda tergantung dari jenis strategi penawaran yang Anda pilih.
Jika Anda menggunakan strategi penawaran Biaya per-klik (BPK) atau strategi penawaran Biaya per-seribu tayangan (CPM) maka jumlah sesungguhnya yang akan ditagihkan kepada Anda tidak lebih dari apa yang dibutuhkan oleh iklan Anda untuk muncul di posisi lebih tinggi dari pengiklan lain (pengiklan yang menggunakan kata kunci dan strategi yang sama dengan Anda, dalam hal ini adalah pesaing Anda) yang posisinya berada di bawah Anda.
Jika Anda menggunakan strategi penawaran biaya per-akuisisi (CPA), jumlah sebenarnya yang akan ditagihkan kepada Anda kemungkinan bisa melebihi batas tertentu yang telah Anda tetapkan karena jumlah sesungguhnya tergantung pada beberapa faktor diluar kontrol Google seperti perubahan pada website atau iklan Anda, atau kenaikan persaingan pada lelang iklan.
Perlu diketahui bahwa sistem AdWords didesain agar bisa diatur sepanjang waktu, jadi selama Anda menggunakan strategi penawaran CPA, kemungkinannya sangat kecil bagi Anda untuk mendapatkan tagihan melebihi batas yang telah Anda tentukan.
Setelah mempelajari uraian dari kami, tentunya Anda telah memahami bahwa jumlah yang akan ditagihkan oleh perusahaan Google terhadap kampanye iklan Anda tergantung dari strategi penawaran yang Anda pilih dan juga faktor persaingan dalam bisnis yang Anda jalani.
Biasanya persaingan yang paling dominan terlihat adalah persaingan kata kunci. Pada bisnis-bisnis yang memiliki banyak permintaan, tentunya akan menimbulkan banyak penawaran yang berarti persaingan akan tinggi, yang mana biaya per-klik atau per-seribu tayangan pada kata kunci tersebut akan relatif lebih tinggi. Begitu pula sebaliknya pada bisnis dengan persaingan rendah, maka biaya dari kata kunci pada bisnis tersebut relatif rendah.
Demikian pembahasan dari Indonesia digital Marketing tentang biaya iklan AdWords. Jika Anda memiliki pertanyaan atau unek-unek, silahkan untuk meninggalkan pertanyaan pada kolom komentar. Kami dengan senang hati akan membantu Anda.
AdWords memberikan Anda kebebasan dalam mengontrol biaya periklanan Anda dan tidak ada jumlah minimal yang perlu Anda keluarkan. Sebaliknya, Anda dapat mengatur dana harian dan memilih bagaimana Anda akan menghabiskan dana Anda tersebut.
Memilih Strategi Lelang
Memilih bagaimana Anda akan menghabiskan uang Anda berarti memilih bagaimana Anda ingin melakukan penawaran. Cobalah memilih strategi penawaran berdasarkan tujuan Anda, seperti: apakah Anda ingin fokus untuk mendapatkan klik, tayangan, atau konversi. Berikut ini beberapa gambaran strategi penawaran yang dapat Anda pilih dalam kampanye AdWords Anda:
- Biaya per-klik (BPK) atau cost perclick (CPC) : Anda akan menggunakan strategi penawaran ini jika Anda ingin berfokus pada klik terhadap iklan Anda dan mengarahkan lalu lintas atau trafik ke website Anda.
- Biaya per-seribu tayangan (CPM): Anda akan menggunakan strategi penawaran ini jika Anda ingin berfokus pada tayangan – berapa kali iklan Anda ditampilkan - dan peningkatan kesadaran merek Anda. Penting untuk diperhatikan bahwa penawaran CPM hanya tersedia untuk kampanye Jaringan Display Google.
- Biaya per-akuisisi (BPA): Anda akan menggunakan strategi penawaran ini jika Anda ingin fokus pada konversi - yaitu ketika orang mengambil tindakan tertentu di webiste Anda setelah mengklik salah satu iklan Anda, misalnya mengisi form pendaftaran, melakukan panggilan telepon, melakukan pembelian, dan lain sebagainya.
Menetapkan anggaran harian

Ketika Anda menetapkan penawaran, Anda menetapkan jumlah maksimum yang bersedia Anda bayar baik itu untuk 1 klik pada iklan Anda, 1.000 tayangan iklan, atau 1 konversi. Biaya yang sesungguhnya akan Anda bayar mungkin akan bervariasi dari lelang ke lelang.
Tapi meskipun biaya yang sesungguhnya akan Anda bayar kemungkinan berbeda, namun Anda tak perlu khawatir karena anggaran harian Anda akan membatasi total biaya yang dapat dikenakan kepada Anda tidak akan lebih dari rata-rata jumlah hari dalam sebulan (30,4). Misalnya Anda menetapkan anggaran harian sebesar Rp. 50.000,- maka Anda tidak akan dikenakan biaya bulanan lebih dari Rp. 1.520.000,- (50.000 x 30,4).
Jumlah yang akan ditagihkan

Jika Anda menggunakan strategi penawaran Biaya per-klik (BPK) atau strategi penawaran Biaya per-seribu tayangan (CPM) maka jumlah sesungguhnya yang akan ditagihkan kepada Anda tidak lebih dari apa yang dibutuhkan oleh iklan Anda untuk muncul di posisi lebih tinggi dari pengiklan lain (pengiklan yang menggunakan kata kunci dan strategi yang sama dengan Anda, dalam hal ini adalah pesaing Anda) yang posisinya berada di bawah Anda.
Jika Anda menggunakan strategi penawaran biaya per-akuisisi (CPA), jumlah sebenarnya yang akan ditagihkan kepada Anda kemungkinan bisa melebihi batas tertentu yang telah Anda tetapkan karena jumlah sesungguhnya tergantung pada beberapa faktor diluar kontrol Google seperti perubahan pada website atau iklan Anda, atau kenaikan persaingan pada lelang iklan.
Perlu diketahui bahwa sistem AdWords didesain agar bisa diatur sepanjang waktu, jadi selama Anda menggunakan strategi penawaran CPA, kemungkinannya sangat kecil bagi Anda untuk mendapatkan tagihan melebihi batas yang telah Anda tentukan.
Kesimpulan
Setelah mempelajari uraian dari kami, tentunya Anda telah memahami bahwa jumlah yang akan ditagihkan oleh perusahaan Google terhadap kampanye iklan Anda tergantung dari strategi penawaran yang Anda pilih dan juga faktor persaingan dalam bisnis yang Anda jalani.
Biasanya persaingan yang paling dominan terlihat adalah persaingan kata kunci. Pada bisnis-bisnis yang memiliki banyak permintaan, tentunya akan menimbulkan banyak penawaran yang berarti persaingan akan tinggi, yang mana biaya per-klik atau per-seribu tayangan pada kata kunci tersebut akan relatif lebih tinggi. Begitu pula sebaliknya pada bisnis dengan persaingan rendah, maka biaya dari kata kunci pada bisnis tersebut relatif rendah.
Demikian pembahasan dari Indonesia digital Marketing tentang biaya iklan AdWords. Jika Anda memiliki pertanyaan atau unek-unek, silahkan untuk meninggalkan pertanyaan pada kolom komentar. Kami dengan senang hati akan membantu Anda.