Apa Itu Shopify?

apa itu shopify, shopify


SukriSudin.id - Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan toko online bukan? Saat sekarang ini toko online sangat berkembang pesat baik dari jumlah maupun dari platformnya. Namun mungkin Anda belum mengenal salah satu platform toko online paling populer di dunia saat ini yang dikenal dengan nama Shopify. Pada kesempatan kali ini Indonesia Digital Marketing akan mengulas tentang apa sebenarnya Shopify itu.

Shopify adalah perusahaan e-commerce asal Kanada yang bermarkas di Ottawa, Ontario, yang mengembangkan perangkat lunak komputer untuk toko online dan sistem ritel point-of-sale.

Coba gratis toko online profesional Shopify Anda selama 14 hari: 

coba-shopify

Sejarah Shopify


Shopify didirikan pada tahun 2004, dan pada awalnya didasarkan pada perangkat lunak sebelumnya yang ditulis oleh pendirinya untuk toko online snowboard (papan salju) mereka. Perusahaan ini melaporkan bahwa mereka memiliki 300.000 pedagang yang menggunakan platform Shopify, dengan total volume barang kotor melebihi $ 10 trilun.

Shopify didirikan pada tahun 2004 oleh Tobias Lütke, Daniel Weinand, dan Scott Lake setelah
mencoba untuk membuka Snowdevil, toko online untuk peralatan snowboarding. Tidak puas dengan produk e-commerce yang ada di pasaran, Lütke, seorang programmer komputer dengan perdagangan, memutuskan untuk membangun sendiri toko e-commerce mereka.

Lütke menggunakan kerangka aplikasi web open source Ruby on Rails untuk membangun toko online Snowdevil ini, dan meluncurkannya setelah dua bulan melakukan pengembangan. Pendiri Snowdevil kemudian meluncurkan platform sebagai Shopify pada bulan Juni 2006.

Pada bulan Juni 2009, Shopify meluncurkan platform API dan App Store. API memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi untuk toko online Shopify dan kemudian menjualnya pada Shopify App Store. Beberapa perusahaan telah mengembangkan aplikasi yang terintegrasi dengan platform Shopify.

Pada bulan April 2010 Shopify meluncurkan aplikasi mobile gratis di Apple App Store. Aplikasi ini memungkinkan pemilik toko Shopify melihat dan mengelola toko mereka dari perangkat mobile iOS. Pada tahun 2010, Shopify memulai kompetisi 'Build-A-Business', di mana peserta membuat bisnis menggunakan paltform e-commerce mereka.

Para pemenang kompetisi menerima hadiah uang tunai dan bimbingan dari pengusaha, seperti Richard Branson, Eric Ries dan lain-lain. Shopify juga diberi gelar  Perusahaan “Fastest Growing Ottawa” oleh Jurnal Bisnis Ottawa pada tahun 2010. Perusahaan menerima $ 7 juta dari dana putaran Seri A  awal bulan Desember 2010. Putaran pendanaan Seri B menghasilkan $ 15 juta di bulan Oktober 2011.

Pada bulan Februari 2012 Shopify memperoleh ‘Select Start Studios Inc ( "S3")’, pengembang perangkat lunak mobile, bersama dengan 20 insinyur perusahaan dan desainer mobile. Pada bulan Agustus tahun 2013, Shopify mengakuisisi Jet Cooper, sebuah studio desain beranggotakan  25-orang yang berbasis di Toronto.

Pada bulan Agustus tahun 2013, Shopify mengumumkan peluncuran sistem Pembayaran Shopify , yang memungkinkan pedagang untuk menerima kartu kredit tanpa memerlukan gateway pembayaran dari pihak ketiga.

Perusahaan ini juga mengumumkan peluncuran sistem POS iPad-sentris.  Sistem ini menggunakan iPad untuk menerima pembayaran dari kartu kredit.  Perusahaan menerima $ 100 juta dalam pendanaan Seri C pada bulan Desember 2013.


shpify go publicPada 2014, platform Shopify berhasil meng-host sekitar 120.000 pengecer online, dan terdaftar sebagai # 3 di ‘Deloitte Fast50’ dari Kanada, serta # 7 di ‘Deloitte Fast 500’ dari Amerika Utara.  Shopify memperoleh pendapatan sebesar $ 105 juta pada tahun 2014, dua kali lebih banyak dari pendapatan di tahun sebelumnya.

Pada tanggal 14 April 2015, Shopify mengajukan IPO di Bursa Efek New York dan Bursa Efek Toronto masing-masing di bawah simbol "SHOP" dan "SH". Shopify go public pada 21 Mei, 2015, dan dalam debutnya di Bursa Efek New York, Shopify mulai diperdagangkan pada harga saham sebesar $ 28 perlembar, lebih dari 60% lebih tinggi dibandingkan USD $ 17 di harga penawaran, dengan IPO meningkat lebih dari $ 131 juta.

Pada bulan September 2015, Amazon.com mengumumkan akan menutup layanan Amazon Webstore untuk pedagang, dan telah memilih Shopify sebagai penyedia migrasi yang disukai; menurut berita, saham Shopify melonjak lebih dari 20% atas pengumuman Amazon tersebut.

Pada tanggal 3 Oktober 2016, Shopify memperoleh Boltmade.

Pada tanggal 22 November 2016, Shopify meluncurkan Frenzy yang merupakan aplikasi mobile yang mampu memberi peningkatan luar biasa terhadap penjualan flash.

Pengakuan Terhadap Shopify


Sejak diluncurkan, Shopify telah diterima dengan baik oleh situs teknologi populer seperti CNET, yang mengatakan platform ini "bersih, sederhana, dan mudah digunakan." Layanan ini diprofilkan dalam publikasi termasuk The Wall Street Journal, The New York Times, The Vancouver Sun,  The Financial Post, TechCrunch,  dan Mashable.

Shopify telah diakui oleh  Fast Company sebagai Perusahaan Paling Inovatif di tahun 2012. Pada tahun 2013, Shopify juga terdaftar pada ” CNBC's Disrupter 50 list”. CEO perusahaan Shopify, Tobias Lütke, memenangkan penghargaan “CEO The Globe dan Mail of the Year” pada tahun 2014.
*Sumber : Wikipedia.


Kesimpulan


Shopify adalah platform e-commorce paling populer di dunia saat ini yang sangat cocok untuk para pebisnis online khususnya bisnis UKM. Dengan Shopify, Anda bisa membuat toko online dengan cepat dan harga terjangkau tanpa perlu ribet berurusan dengan hosting. Selain kemudahan tersebut, Shopify merupakan perusahaan terpercaya dan memiliki perkembangan yang sangat baik serta memberikan jaminan keamanan kepada para pelanggannya.

Jika Anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk membangun toko online Anda menggunakan platform Shopify, Anda dapat menggunakan jasa pembuatan toko online profesional dan terpercaya.

coba-shopify

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Tak lupa kami sampaikan bahwa mengharapkan dukungan teman-teman pembaca sekalian jika tidak keberatan untuk menyukai dan membagikan artikel kami ini sehingga lebih banyak lagi teman dan saudara kita yang dapat ikut mendapatkan informasi ini. Terima kasih.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Dukung Kami dengan Membagikan Artikel ini

Artikel Terkait