5 Alasan Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan Toko Online Profesional


alasan-menggunakan-toko-online


Mungkin toko online bukanlah hal yang asing lagi bagi Anda. Namun pada kenyataannya berdasarkan pengalaman kami di lapangan, masih banyak pemilik bisnis yang belum memahami dengan baik pentingnya memiliki sebuah toko online. 

Tidak sedikit diantara pebisnis maupun pedagang yang menawarkan produknya melalui grup-grup media sosial tanpa disertai dengan toko online. Hal tersebut tentunya membuang banyak waktu. 

  Melalui artikel kali ini, kami akan membahas pentingnya memiliki toko online versi easystore.

5 Alasan Bisnis Anda  Harus Memiliki Sebuah Toko Online


1.    Anda Hadir dalam kompetisi.


Melalui toko online milik Anda sendiri, Anda dapat melakukan modifikasi untuk merefleksikan keunikan dari bisnis anda. Anda bahkan dapat menggunakan nama (domain) khusus sendiri. Misalnya: www.toko.sukrisudin.id.

Hal ini akan mampu menciptakan ketertarikan dan kepercayaan bagi mereka yang mengunjungi toko Anda. Ini tentunya akan sangat baik bagi pelanggan Anda.

Dengan toko online akan jauh lebih mudah bagi pelanggan Anda yang untuk kembali berbelanja dan juga merekomendasikan toko Anda kepada teman – teman mereka.

2.    Pemasaran dan Penjualan Otomatis

toko-online-profesional
Jika Anda adalah salah seorang solopreneur atau menjalankan bisnis seorang diri, maka toko online akan membantu Anda menyelesaikan banyak hal.

Untuk mengerjakan lebih banyak hal, Anda mungkin harus mempekerjakan sebuah tim untuk membantu bisnis Anda.

Namun dengan memiliki sebuah toko online, Anda bisa mulai mengimplementasikan pemasaran dan penjualan yang otomatis dalam rangka mengurangi pekerjaan-pekerjaan yang biasa dikerjakan secara manual.

Hal ini tentunya akan  membuat Anda lebih hemat dalam hal biaya tenaga kerja.

Sebagai contoh, misalnya Anda biasanya menghabiskan banyak waktu untuk mempromosikan bisnis Anda melalui grup Facebook dan kemudian Anda membalas pesan calon pelanggan Anda satu persatu.

Dengan adanya toko online profesional, Anda dapat menjalankan iklan Facebook untuk menjangkau target pemirsa Anda dan menarik mereka untuk mengunjungi toko online Anda.

Dan tentunya akan lebih baik lagi jika Anda memiliki pintu pembayaran (payment gateway).

Toko Anda buka 24 jam dalam sehari dan pintu pembayaran membuat toko Anda dapat menerima pembayaran melalui internet tanpa harus memeriksa secara manual, apakah pembayaran sudah masuk atau belum.

Hal ini benar – benar menjadikan Anda seorang pebisnis yang mampu menghasilkan uang saat tidur sekalipun.

3.    Operasi yang lebih cepat dan efisien


Pelanggan Anda telah melakukan order dan pembayaran bahkan saat Anda masih sedang tertidur pulas.

Yang harus Anda lakukan setelah Anda tersadar adalah memeriksa orderan melalui sistem manajemen order dan memproses orderan. Semua informasi ada di dashboard toko Anda.

Anda tidak perlu mengecek percakapan pribadi Anda untuk mengetahui siapa yang telah melakukan pembayaran dan apa yang mereka order.

Bahkan lebih baik lagi jika Anda menjalankan bisnis dropship dan Anda tidak memiliki persediaan (inventory). Anda hanya perlu mengirimkan informasi orderan ke agen anda.

Dan jikalau Anda mempunyai inventory, maka inventory Anda akan dikurangkan saat pelanggan memesan barang tersebut. Anda dengan mudah dapat memperbarui inventory melalui sistem manajemen inventory.

Membangun sebuah sistem otomatisasi untuk toko Anda akan membantu mengurangi kesalahan manusia (human error) dan menjadikan operasi bisnis Anda lebih efisien.


4.    Mendapatkan lebih banyak pelanggan yang datang kembali berbelanja


Pelanggan yang datang  kembali berbelanja adalah kunci sukses dari bisnis Anda. Akan tetapi bagaimana Anda membuat pembeli datang kembali?

Tentunya Anda perlu mencptakan sebuah hubungan dengan pelanggan Anda dan terus – menerus mengingatkan mereka agar kembali lagi.

Jika Anda memiliki toko online profesional, Anda dapat menjaga hubungan dengan pelanggan tetap berjalan dengan baik meskipun Anda telah mempunyai lebih banyak pelanggan dari yang mampu Anda ingat.

Informasi pelanggan akan dicatat secara otomatis disaat pelanggan melakukan orderan melalui toko online Anda.

Andapun dapat menghubungkan informasi tersebut dengan alat pemasaran email dan mengirim pemberitahuan tentang promosi terbaru atau produk terbaru ke database pelanggan Anda.

Sejak Anda memiliki toko online, Anda dapat menggunakan skrip pelacakan seperti Facebook Pixel ataupun Google Tracking untuk menangkap pengunjung toko dan menargetkan mereka kembali dengan sebuah iklan.

5.    Pengambilan keputusan yang lebih baik


Kehadiran toko online akan melengkapi bisnis Anda dengan data yang lebih akurat dan hal tersebut tentunya sangat penting.

Keputusan yang lebih baik dapat membuat Anda mampu menghemat uang dan menyediakan sumber daya yang akan mengantarkan Anda kepada hasil yang terbaik.

Katakanlah misalnya Anda memutuskan untuk menggunakan iklan berbayar dalam rangka menghasilkan lebih banyak petunjuk untuk bisnis anda.

Bagaimana Anda bisa mengetahui apakah kampanye tersebut efektif?

Anda dapat menggunakan alat analisa dan alat pelaporan untuk mendapatkan data sehingga Anda dapat mengukur nilai inventasi yang akan Anda dapatkan.

Dengan menggunakan alat analisa seperti Hotjar dan Kissmetrics, Anda akan mampu mengetahuinya sejauh mana tindakan sebenarnya dari pengunjung di toko Anda.

Hal ini memberikan kemampuan kepada Anda untuk membuat perubahan dalam rangka mengoptimalkan toko online Anda agar menghasilkan lebih banyak konversi atau penjualan.

Kesimpulan


Seperti yang telah Anda pahami dari ulasan di atas, memiliki sebuah toko online untuk bisnis Anda dapat membuat banyak perbedaan.

Dengan toko online, bisnis Anda memiliki kesempatan untuk terus bertumbuh kembang. Hal ini akan menjadi kunci utama kesuksesan bagi bisnis Anda jika telah memiliki dana untuk mendapatkan toko online profesional Anda

Apakah Anda belum belum siap untuk menginvestasikan dana Anda untuk menggunakan platform toko online profesional hanya  karena Anda tidak memiliki pengetahuan teknis?

Tidak perlu khawatir. Dengan platform EasyStore, semua yang butuhkan hanyalah keterampilan tentang bagaimana cara menggunakan internet.

Andapun dapat belajar gratis bersama dengan kami melalui grup telegram di sini: Panduan Toko Online Profesional.

Platform Easystore sangat mudah digunakan dan kami akan membimbing Anda pada setiap langkahnya.

Jadi berhentilah berpikir dan mulailah sekarang juga. Pelanggan Anda sedang menunggu kehadiran toko online Anda.



Dukung Kami dengan Membagikan Artikel ini

Artikel Terkait