7 Pilar Utama Digital Marketing yang Harus Anda Pahami

internet-marketing

Hallo entrepreneur dan teman-teman marketer Indonesia..

Dunia bisnis saat sekarang ini telah mengalami perubahan yang sangat signifikan dari pola offline ke online. Namun perubahan ini tidak diikuti dengan cepat oleh banyak pengusaha khususnya dari kalangan pemilik bisnis kecil.

Hal ini tentunya dapat mengakibatkan sulitnya pebisnis kecil untuk tumbuh dan berkembang di era digital saat sekarang ini.

Melalui artikel ini, Digital Marketer akan membahas pondasi utama dari dunia digital atau internet marketing yang patut untuk diketahui dan dipahami dengan baik oleh pemilik bisnis dan marketer.

7 Pilar Utama dari Pemasaran Digital


1. Website


Website adalah pondasi dari digital marketing Anda. Website merupakan  real estate dari bisnis yang Anda miliki di internet. Tempat di mana Anda mengatakan sesuatu tentang produk dan layanan Anda kepada pelanggan, mempublikasikan konten original yang bermanfaat dan membantu pelanggan dalam menyelesaikan permasalahan mereka. 

2. Konten Digital


http://development.sukrisudin.id/web-moderen-ebook-gratis.htmlKonten adalah bahan bakar yang akan menghidupkan strategi digital marketing  bisnis Anda. Dengan membuat konten yang bernilai, berkualitas tinggi yang menargetkan pemirsa khusus, Anda akan melakukan suatu hal lebih dari sekedar mendatangkan pengunjung ke website Anda. 

Namun juga Anda akan menarik pengunjung yang tepat yang kemungkinan besar akan menjadi prospek dan pelanggan bisnis Anda.


3. Media Sosial


Media sosial menyediakan platform bagi Anda untuk berkomunikasi secara langsung dengan pelanggan, rekan kerja dan karyawan. Lebih dari itu, media sosial merupakan kunci penggerak dari penyaluran konten dan  kehadiran online merek bisnis Anda. Salah satu media sosial marketing paling populer saat ini adalah Facebook Marketing.

4. Landing Page


Setelah Anda mengoptimalkan website, merilis blog, dan mulai mempromosikan konten di media sosial dan itu telah berjalan selama beberapa minggu, mungkin Anda akan melihat peningkatan jumlah pengunjung ke website Anda.

Hanya saja ada satu masalah. Semua kunjungan ke website Anda tidak menghasilkan bisnis baru.  Orang-orang memang mengunjungi situs Anda, namun kunjungan tersebut tidak mengarah ke pelanggan baru - atau bahkan prospek penjualan baru

Jadi apa yang harus Anda lakukan?

Anda membutuhkan sebuah landing page atau halaman arahan yang dapat mengubah pengunjung website bisnis Anda menjadi prospek (leads). 

Landing page adalah halaman web yang bisa dikunjungi pengunjung atau "mendarat". Namun, saat mendiskusikan landing page dalam ranah pemasaran dan periklanan, lebih umum merujuk ke halaman arahan sebagai halaman web mandiri yang berbeda dari situs utama Anda yang telah dirancang untuk tujuan tunggal yang terfokus.

Ini berarti bahwa landing page Anda seharusnya tidak memiliki navigasi global untuk mengikatnya ke website utama Anda. Alasan utama untuk ini adalah membatasi pilihan yang tersedia bagi pengunjung Anda, membantu membimbing mereka menuju sasaran konversi yang Anda inginkan.
Dan itu berari mengkonversi pengunjung website menjadi prospek bisnis.



5. Iklan Online


Saat pertama kali membangun merek bisnis Anda secara online, bisa menjadi hal yang sulit bagi untuk mengandalkan saluran yang Anda miliki seutuhnya, seperti blog dan halaman Facebook Anda dalam upaya menghasilkan cukup banyak prospek untuk bisnis Anda.
 

Itulah sebabnya banyak pemilik bisnis dan marketer memilih untuk melengkapi strategi mereka dengan menggunakan media promosi  berbayar seperti Iklan Google AdWords dan Iklan Facebook Instagram.


6. Email Marketing


pemasarn emailEmail marketing  adalah cara yang efisien untuk tetap terhubung dengan klien Anda sambil juga mempromosikan bisnis Anda. 

Dengan pemasaran email, Anda dengan mudah dan cepat dapat mencapai target pasar tanpa memerlukan ruang cetak, siaran televisi atau radio atau biaya produksi yang besar.  

Berkat perangkat lunak pemasaran email yang efektif, Anda dapat mempertahankan daftar email yang telah tersegmentasi berdasarkan beberapa faktor termasuk ,apa yang  disukai dan tidak disukai pelanggan, kebiasaan belanja dan kriteria penting lainnya. 

Email kemudian dibuat dan dikirim untuk secara khusus menargetkan anggota daftar email Anda, memberi mereka email pribadi yang merinci informasi yang mereka minati atau minta. Ini membantu mempromosikan kepercayaan dan kesetiaan kepada perusahaan sekaligus meningkatkan penjualan.


 7. Analytics


Semua upaya dan strategi digital marketing Anda haruslah dapat diukur hasilnya sehingga dapat diketahui mana kampanye pemasaran yang memiliki kinerja baik dan begitupun sebaliknya. Untuk dapat melakukan hal tersebut diperlukan sebuah alat atau perangkat lunak yang disebut dengan analytics.

Dua alat analytics yang paling populer adalah Google Analytics dan Facebook Pixel.


Kesimpulan


Sangat penting bagi Anda sebagai pemilik usaha dan marketer untuk memahami dan menerapkan pilar utama digital marketing pada bisnis Anda. Dengan artikel singkat ini kami berharap Anda mendapatkan sedikit pencerahan dalam strategi digital marketing.

Jika Anda mendapatkan sesuatu pada artikel ini yang tidak dimengerti atau Anda ingin berdiskusi dengan kami, tidak perlu sungkan untuk menyampaikannya pada kolom komentar di bawah.
 


Dukung Kami dengan Membagikan Artikel ini

Artikel Terkait