Menetapkan Penawaran (Bid) dan Dana (Budget) Kampanye AdWords

strategi penawaran google adwords


SukriSudin.id - Setelah Anda memutuskan Jaringan Periklanan Google mana yang Anda pilih untuk menampilkan iklan Anda, kini Anda siap untuk berpikir tentang anggaran Anda. Seperti yang telah kami ulas sebelumnya  ada dua hal yang akan perlu untuk Anda pertimbangkan, yaitu:
  • Anggaran Anda
  • Strategi penawaran Anda

Anggaran Kampanye AdWords Anda


Anggaran harian Anda adalah jumlah yang Anda tetapkan pada setiap kampanye untuk menunjukkan berapa banyak, rata-rata,  yang siap untuk Anda habiskan  per harinya.  Pengiklan  AdWords yang masih baru mungkin ingin memulai dari yang kecil , misalnya  antara 50 ribu rupiah dan 500 ribu rupiah dan kemudian menjalankan kampanye mereka selama beberapa minggu sebelum mengevaluasi kembali. Anda harus memilih anggaran harian untuk setiap kampanye berdasarkan target atau  sasaran iklan Anda dan  jumlah secara umum yang Anda merasa nyaman untuk  habiskan setiap hari.

Jika Anda terbiasa bekerja dengan anggaran iklan bulanan, Anda dapat menghitung jumlah rata-rata,
Anda mungkin membuat anggaran per hari dengan  membagi anggaran bulanan Anda dengan 30,4 (rata-rata jumlah hari per bulan).

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat tentang anggaran Anda:
  • Secara umum, sistem AdWords akan berupaya menampilkan iklan Anda sebanyak mungkin hingga anggaran harian Anda terpenuhi. Karena lalu lintas pelanggan berfluktuasi dari hari ke hari, AdWords dapat menaikkan jumlah klik  hingga 20% lebih dalam satu hari daripada membuat  anggaran Anda lebih spesifik. Namun, sistem AdWords  memastikan bahwa dalam jangka waktu penagihan tertentu, Anda tidak akan dikenakan tagihan dari batas penagihan bulanan - 30,4 dikalikan dengan rata-rata jumlah anggaran harian.
  • Bila anggaran harian rata-rata telah  tercapai, iklan Anda biasanya akan berhenti tampil untuk hari itu. Anda perlu mempertimbangkan metode penayangan iklan dari kampanye Anda, yang mana akan  menentukan seberapa cepat iklan Anda ditampilkan dan berapa lama anggaran akan bertahan selama hari tertentu, ketika menetapkan anggaran harian Anda.  Metode pengiriman “dipercepat (accelerated)” seperti bahan bakar jet - menggunakan anggaran secara lebih cepat;. Semenatar Metode pengiriman "Standard" lebih mirip  lilin yang lambat terbakar - menyebarkan anggaran Anda Sepanjang hari.

Strategi Penawaran Anda


strategi penawaran google adwordsSeperti yang pernah kita ulas  sebelumnya, AdWords menawarkan beberapa tawaran strategi yang disesuaikan dengan berbagai jenis kampanye. Tergantung  pada jaringan kampanye mana yang Anda menargetkan, dan juga sasaran iklan Anda, Anda dapat menentukan strategi yang terbaik untuk Anda.
Untuk menyegarkan ingatan Anda, berikut  adalah strategi penawaran yang dapat Anda pilih:
  • Penawarn Biaya-per-klik (BPK): Gunakan strategi ini  jika Anda ingin mendorong pelanggan menuju ke website Anda.
  • Penawaran Biaya-per-tayangan (CPM): Gunakan strategi ini  jika Anda ingin memastikan bahwa pelanggan melihat pesan Anda.
  • Penawaran Biaya per akuisisi (BPA): Gunakan strategi ini jika Anda ingin memaksimalkan konversi pada website Anda.
  • Demografi: Gunakan  strategi ini jika Anda ingin memaksimalkan konversi di website Anda.
Anda juga dapat menggunakan strategi yang lebih canggih seperti penyesuaian tawaran untuk menawar lebih atau kurang dari  kompetitif di seluruh perangkat, lokasi, waktu, dan lainnya, atau strategi penawaran yang fleksibel untuk mengatur tawaran secara otomatis  dalam rangka  mengoptimalkan tujuan kinerja Anda.

Secara umum, semakin tinggi tawaran dan lsemakin relevan iklan Anda dan kata kunci, maka semakin besar kemungkinan iklan Anda akan tampil pada posisi lebih tinggi dari halaman hasil penelusuran Google. Dengan mengelola tawaran Anda, Anda dapat mempengaruhi jumlah lalu lintas yang diterima oleh iklan.

Penawaran BPK


Dengan penawaran BPK, Anda dapat menetapkan jumlah maksimum yang bersedia Anda
bayar untuk setiap klik pada iklan Anda - ini adalah tawaran biaya per klik maksimum, atau
hanya "max. BPK." Metode penawaran ini dapat memberikan nilai yang baik karena Anda hanya membayar bila pemirsa cukup tertarik untuk mengklik iklan Anda.

Jika Anda menggunakan penawaran BPK, Anda akan memiliki pilihan untuk menggunakan penawaran manual dan memilih jumlah tawaran Anda sendiri atau penawaran otomatis dan membiarkan AdWords mengatur tawaran BPK maksimal  bagi Anda untuk mendapatkan klik sebanyak mungkin dari keseluruhan  anggaran Anda.

Penawaran manual memberi Anda lebih banyak kontrol atas tawaran Anda - misalnya, Anda dapat menetapkan tawaran yang berbeda untuk setiap kata kunci atau metode penargetan Jaringan Display. Dengan penawaran otomatis, Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk melakukan pengaturan dan mengelola penawaran Anda.
Ketika pengaturan max. BPK, Anda dapat mengetahui jumlah tawaran Anda berdasarkan apa yang Anda tahu tentang bisnis Anda dan nilai dri penjualan atau kesempatan mendatangkan pelanggan. Misalnya, jika Anda menjual  cincin berlian seharga 50 juta rupiah, satu pelanggan baru mungkin bernilai lebih daripada jika Anda menjual  permen karet seharga 10 ribu rupiah. Anda juga perlu menggunakan Perencana Kata Kunci untuk membantu Anda menetapkan tawaran BPK - alat ini menunjukkan Anda seberapa sering dari beberapa kata kunci ditelusuri dan memberikan biaya
yang diperkirakan secara sepintas.

Penawaran BPS


Dengan penawaran BPS, Anda tawaran untuk iklan berdasarkan seberapa sering muncul di Jaringan Display. Mengapa menggunakan penawaran BPS? Jika tujuan iklan adalah untuk mendapatkan nama bisnis Anda 'di depan banyak orang, misalnya, Anda mungkin lebih peduli  untuk mendapatkan tayangan iklan daripada klik dan kunjungan ke website Anda.

Ketika Anda menetapkan tawaran BPS, Anda menetapkan jumlah maksimum yang bersedia Anda bayar per 1.000 tayangan iklan (kita sebut ini dengan  "BPS max").

Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa iklan dengan jenis penawaran yang berbeda dapat bersaing untuk penempatan Jaringan Display yang sama. Ketika iklan BPK dan BPS bersaing untuk penempatan yang sama, dua jenis iklan dibandingkan satu sama lain pada seberapa banyak mereka bersedia membayar secara efektif  untuk tampilan. Untuk iklan BPS, tawaran BPS maks mewakili berapa banyak pengiklan bersedia untuk membayar pada setiap 1.000 kali tayangan; dengan iklan BPK, Google memperkirakan berapa banyak klik yang mungkin diterima oleh iklan pada 1000 tayangan untuk mendapatkan perbandingan.

Penawaran BPA


BPA adalah metode penawaran yang memungkinkan Anda memberitahu AdWords jumlah yang bersedia untuk Anda bayar untuk setiap konversi. Hal ini dapat membantu Anda menjangkau pelanggan yang cenderung untuk mengambil tindakan di website Anda.

Untuk menggunakan penawaran BPA, Anda harus menyiapkan pelacakan konversi, lintas-akun pelacakan konversi, atau  mengimpor data dari Google Analytics. Anda juga harus mengaktifkan Pengoptimal Konversi.  Pengoptomal Konversi  menggunakan riwayat informsi  tentang kampanye, dan otomatis mencari tawaran BPK optimal yang setara  untuk iklan Anda setiap kali iklan tersebut  layak ditampilkan.

Anda juga harus menetapkan tawaran BPA maksimum, yang merupakan jumlah maksimal yang ingin Anda bayar untuk setiap konversi, atau tawaran BPA target, yaitu jumlah rata-rata yang ingin Anda bayar untuk konversi. Kami merekomendasikan menggunakan BPA target karena lebih mudah untuk melacak biaya konversi rata-rata, dan orang yang menggunakan pilihan ini cenderung untuk mendapatkan lebih banyak konversi.

Ketika Anda menyiapkan Pengoptimal Konversi, kami menyediakan tawaran yang disarankan yang didasarkan pada riwayat kinerja. Hal terbaik untuk memulai dengan tawaran yang disarankan, kemudian memantau kinerja Anda dan menyesuaikan sesuai keperluan Anda.

Kesimpulan


Menetapkan anggaran dan strategi Anda secara tepat merupakan salah satu faktor penting kesuksesan kampanya iklan Anda. Dengan menetapkan anggaran yang maksimal, Anda tidak akan kehilangan kesempatan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan potensial Anda. Begitu pula dengan menetapkan strategi yang tepat akan membantu Anda menghemat dana beriklan Anda dan juga membuat Anda mampu menjangkau pelanggan yang sesuai dengan sasaran bisnis Anda.

Jika Anda tidak memiliki waktu dan pengetahuan serta keterampilan yang cukup dalam mengelola kampanye iklan Google AdWords, kami menawarkan jasa pengelolaan akun Google AdWords untuk bisnis kecil. Informasi lebih lengkap dapat Anda lihat di sini: Jasa Google AdWords.

Dukung Kami dengan Membagikan Artikel ini

Artikel Terkait