5 Cara untuk Mengoptimalkan Halaman Produk E-commerce (Toko Online) bagi Pengunjung dan Mesin Pencari

5 Cara Mengotimalkan Halaman Produk Toko Online

SukriSudin.id - Persaingan untuk menjadi menang atau kalah dalam berjualan online ditentukan oleh halaman pencarian produk.

Struktur dan penyajian produk Anda yang ditata dengan benar adalah hal yang sangat penting bagi mesin pencari dan pengunjung saat menentukan peringkat yang baik dan mengubah pengunjung menjadi pembeli.
Di bawah ini tercantum berbagai cara sederhana namun sangat efektif untuk mengoptimalkan halaman produk untuk meningkatkan penjualan, dan memberi peringkat yang lebih baik di mesin pencari.

1. Tingkatkan Kualitas  Gambar Produk Anda


Ini bukan pengetahuan tentang kecepatan loading website - gambar yang lebih besar dan  berkualitas lebih baik akan membantu Anda menjual lebih banyak produk. Faktanya, penelitian terakhir membuktikan bahwa gambar yang lebih besar dapat meningkatkan penjualan e-commerce hingga 9%.

Sejalan dengan kualitas dan ukuran gambar, Anda juga harus mempertimbangkan kuantitas. Dengan menunjukkan beberapa gambar untuk satu produk , menunjukkan fitur dan sudut yang berbeda memberikan manfaat agar calon pembeli dapat membuat keputusan apakah akan membeli produk Anda atau tidak.

Hal baik lainnya yang dapat Anda tambahkan bagi gambar Anda, adalah konsistensi pada toko Anda. Menggunakan latar belakang, sudut dan ukuran gambar yang serupa akan menciptakan suasana yang harmonis bagi pembeli.

FiftyThree memberikan contoh bagus tentang konsistensi berkualitas tinggi. Lihatlah latar belakang yang bergradasi tersebut dan fotografi berkualitas tinggi yang ditemui pada halaman produk "Pencil" di bawah ini yang memungkinkan pengalaman melihat grafik yang sangat baik.

1. Upgrade Your Image
Tentu saja, sama pentingnya untuk  mengingat mesin pencari saat Anda menangani gambar produk. Kata kunci Alt Text yang relevan diperlukan untuk ditambahkan ke setiap gambar, untuk memberi tahu robot mesin pencari perihal gambar tersebut. Menggunakan Alt Teks dengan benar dapat menghasilkan umpan cepat untuk mendapatkan trafik tinggi dari pencarian gambar.

2. Mainkan Kata-kata


Sama seperti bagian dari situs Anda, kata-kata dari halaman produk Anda sangat penting dalam hal search engine optimization.

Kata kunci yang relevan/terkait dengan produk Anda harus disertakan dalam tag judul halaman dan deskripsi META. Ini juga sangat bermanfaat untuk menyertakan kata kunci ini pada URL produk Anda.

Contoh yang baik dapat dilihat di Evisu's online store. Judul produk mereka dikemas dengan informasi singkat, namun didukung dengan deskripsi yang luas, seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

2. Play the Word Game

Di mesin pencari, judul produk yang informatif dan deskripsi informatif akan memberi rasa ingin tahu bagi pengunjung untuk melihat katalog online Anda. Judul dan deskripsi yang sejujurnya namun informatif membuat sedikit pengunjung yang kebingungan, sehingga pelanggan merasa lebih yakin dengan produk yang mereka lihat.

Tapi apa yang Anda dapat lakukan jika Anda ingin menggunakan nama produk kreatif dan menarik sehingga tidak mengambarkan tentang produk Anda sebenarnya? Anda masih bisa melakukan hal ini tapi Anda harus memastikan bahwa Anda menyertakan kata kunci deskriptif di tag judul halaman produk Anda.

Seperti aturan yang praktis, judul produk yang bagus akan membuat pengunjung ingin membeli dan memberi informasi yang dibutuhkan bagi mesin pencari untuk membantu pengunjung menemukan produk Anda. Sedangkan  good product description dengan menguraikan rinciannya, menggunakan kata kunci yang relevan mengikutsertakan pembeli, tanpa terlalu banyak basa-basi.

3. Tetaplah Ril (Nyata)


Pelanggan yang melakukan browsing melalui katalog online Anda sering mengambil deskripsi produk dengan sedikit rasa ingin tahu. Setelah itu, mereka disana melihat tulisan tentang Anda – sebagai seorang penjual.

Jadi, agar pembeli Anda menghargai betapa bagusnya produk Anda, Anda harus mempertimbangkan untuk menambahkan ulasan dan testimonial nyata dari pelanggan lama.

iPad Case Specialist, Cardinal Case, melakukan pekerjaan ini dengan baik, seperti yang bisa Anda lihat di bawah ini. Di samping produk mereka, mereka memasukkan daftar pelanggan positif yang singkat dan rapi.
Tips Toko Online

Menempatkan ulasan pada halaman produk Anda menciptakan tingkat social proof, menaikan rasa percaya pembeli potensial baik produk yang Anda jual, maupun toko Anda secara keseluruhan. Ini adalah cara yang sangat sederhana untuk membuat halaman produk Anda lebih menjual sementara juga dengan menyediakan konten tambahan yang relevan untuk dipertimbangkan mesin pencari  saat menentukan peringkat Anda.

4. Tunjukkan barang-barang Anda, tapi tetaplah rapi


Tujuan utama dari sebuah halaman produk adalah menjual. Namun, banyak toko online benar-benar akhirnya kehilangan pelanggan setelah mereka melalui halaman yang menampilkan berbagai tawaran tambahan dan link ke produk terkait.

Tentu tidak ada yang salah dengan penjualan produk tambahan tersebut, karena dapat meningkatkan penjualan dan tingkat pengguna melewati produk Anda lebih rendah, namun moderasi - dan organisasi, sangat penting. Mengunjungi berbagai tampilan yang menampilkan produk terkait dan spanduk dapat mengesankan "tidak profesional", dapat membuat pengunjung berpikir untuk berpindah dan mengalihkan diri untuk meniniggalkan produk Anda.

Agar pembeli tetap fokus pada produk yang sudah mereka lihat sambil menawarkan lebih banyak pilihan, tunjukkan jumlah produk tambahan yang sesuai, tanpa terlalu banyak ruang yang terlalu dipadati produk.

Tea Specalist, Luhse Tea, merupakan contoh yang utama. Seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini, mereka menampilkan tiga produk terkait di bagian bawah setiap halaman produk, dengan cara yang tidak mengganggu dan profesional.

4. Show Your Wares, But Keep It Uncluttered 

Kuncinya adalah mengingat bahwa halaman produk harus dibangun untuk menjual produk yang terutama ditujukan kepada kebutuhan pembeli. Penjualan produk tambahan harus menjadi aspek penting dari halaman, tapi tidak pernah mengorbankan produk utama yang dituju pembeli.

5. Melakukan Usaha Ekstra


Melalui cara dasar diatas untuk pengoptimalan halaman produk dapat menghasilkan tingkat konversi pembelian yang menakjubkan. Tapi selalu ada cara agar lebih baik lagi.

Dengan menggabungkan fitur tambahan seperti video produk, gambar interaktif 360 derajat dan fitur pemberitahuan stok, Anda akan berusaha sekuat tenaga untuk meyakinkan pembeli bahwa produk Anda cukup baik, dan toko Anda bersedia melakukan upaya ekstra untuk memberikan sentuhan pribadi pada setiap barang dagangan Anda.

Contoh yang sangat bagus dari cara ini dapat ditemukan di halaman produk StudioNeat. Mereka menyajikan setiap produk, mereka menawarkan video yang bisa dilihat tanpa meninggalkan halaman, seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

tps membangun halaman produk toko online

Fitur tambahan ini melampaui deskripsi produk dasar dan menunjukkan bagaimana fungsi dari produk Anda bekerja, membiarkan Anda menceritakan mengenai produk Anda dan meyakinkan pengunjung Anda untuk membeli. Yang lebih unik dan berguna, Anda dapat menggunakan cara tambahan ini, sehingga Anda akan mendapatkan tingkat konversi penjualan yang semakin tinggi.

Tentu saja, video mendapat nilai yang sangat baik dalam pandangan mesin pencari dan memilik efek yang sangat bagus pada media sosial.

Kesimpulan


Halaman produk Anda adalah sumber kehidupan dari toko online Anda.

Jika gambar dan konten tidak disajikan dengan baik, atau pengoptimalan mesin pencari yang tidak terstruktur, Anda akan mendapatkan resiko kehilangan trafik pengunjung dan penjualan.

Dengan pekerjaan ekstra dalam hal konten tambahan juga akan memberikan efek menakjubkan bagi barang dagangan Anda, membuat Anda terpisah jauh dari pesaing Anda. Semakin banyak usaha yang Anda masukkan ke dalam halaman produk Anda, pembeli akan lebih tertarik akan produk maupun merek yang Anda jual.

Jadi, mulai bekerja untuk mencapai perpaduan yang baik dari langkah-langkah optimasi halaman produk di atas, dan Anda harus mulai melihat halaman produk Anda dengan mengubah browser menjadi pembeli lebih baik dari sebelumnya.

Ingin membangun toko online profesional Anda secara mandiri? Coba gratis Shopify selama 14 hari.

 coba-shopify

Dukung Kami dengan Membagikan Artikel ini

Artikel Terkait