Cara Beriklan di Google


cara beriklan di google 1

SukriSudin.id - Seiring makin berkembangnya bisnis online maka terbuka lebarlah peluang bagi pelaku bisnis dalam memperluas jangkauan bisnisnya.  Perusahaan Google selaku pemain besar dalam dunia internet menawarkan kesempatan dan kerjasama kepada pelaku bisnis dalam menjangkau calon pelanggan yang lebih luas.



Dengan beriklan melalui Google maka para pelaku bisnis dapat mempromosikan produk ataupun jasanya kepada pengguna internet diberbagai belahan dunia mulai dari yang terdekat sampai yang terjauh.  Pada kesempatan kali ini, Digital Marketer akan mengulas sedikit tentang cara beriklan di Google.
.

Sekilas Tentang Iklan Google.


Iklan Google lebih popular dengan nama “Google AdWords (Google Ads)”. Google AdWords merupakan salah satu jasa yang ditawarkan oleh perusahaan Google kepada perusahaan, organisasi maupun individu untuk membuat program atau kampanye iklan online. Melalui kampanye iklan yang Anda buat melalui Google AdWords, Anda bisa menampilkan iklan bisnis Anda pada halaman pertama hasil pencarian mesin pencari Google, mesin pencari partner Google, Website dan blog yang bekerjasama dengan Google, serta produk lain Google seperti youtube, Google news dan lain-lain.

iklan google, cara beriklan di google

 Iklan online seperti iklan Google memungkinkan Anda untuk menunjukkan iklan Anda kepada orang-orang yang mungkin tertarik dengan produk dan jasa yang Anda tawarkan serta Andapun dapat melacak apakah orang-orang tersebut meng-klik iklan Anda. Iklan Online Google memberi kesempatan kepada Anda untuk menjangkau pelanggan potensial,  baik yang menggunakan perangkat komputer/laptop, tablet dan smartphone.
Iklan online Google menawarkan berbagai keuntungan bagi pelaku bisnis. Namun keuntungan terbesarnya ada 4 yakni:

  • Iklan lebih tertarget.
  • Biaya lebih terkontrol.
  • Hasil yang terukur.
  • Kemudahan dalam mengelola kampanye iklan.



Bagaimana membuat kampanye iklan di Google?


Ada dua cara untuk membuat kampanye iklan online melalui perusahaan Google. Yang pertama adalah melalui jasa partner Google yang telah diverifikasi dan mendapat sertifikat dari Google. Yang kedua adalah dengan membuatnya secara mandiri (bikin sendiri).

Jasa Partner Google

Menggunakan jasa partner Google yangterpercaya dan bersertifikat resmi memberi banyak keuntungan bagi Anda. Selain kualitas mereka sangat baik dalam mengelola akun periklanan Google, mereka juga mengerti tentang strategi bisnis dan juga tentang  teknis website dan toko online.

google partner indonesia, google partner bersertifikat
Anda tidak perlu lagi repot-repot belajar tentang Google AdWords dan juga seluk beluk website ataupun toko online.

Membuat Sendiri

Untuk membuat kampanye iklan Anda secara mandiri, Anda perlu mengikuti beberapa langkah di bawah ini:
-          Langkah I: Anda diharuskan untuk memiliki akun Google. Jika Anda belum memilikinya, silahkan membuat akun Google terlebih dahulu. Akun Google inilah  yang akan menjadi akun AdWords Anda dan juga akun untuk produk Google lainnya seperti Gmail, Blogspot dan Youtube (Satu akun untuk semaua produk/layanan Google).
-          Langkah II: Mendaftarkan email dan website Anda di Google AdWords. Caranya adalah dengan mengunjungi website Google AdWords di www.google.com/adwords. Kemudian isikan email Anda dan juga website Anda serta jangan lupa untuk mencentang pilihan "yes"  jika Anda ingin tips dan rekomendasi dari Google untuk peningkatan iklan Anda. Jika tidak, silahkan centang atau klik "no". Setelah itu klik tombol "continue" Untuk lebih detailnya, perhatikan gambar di bawah:

iklan google, iklan google adwords

-           
        Langkah III: Menyetel dana harian yang ingin Anda habiskan dalam kampanye iklan Anda. Pilih mata uang IDR (untuk rupiah) kemudian masukkan jumlah dana harian yang Anda inginkan. Tidak usah memakai titik atau koma. Sebagai contoh, ketikkan "50000" jika Anda bersedia menghabiskan biaya harian sebesar Rp 50.000,-. Kemudian klik "Save". Untuk lebih detailnya perhatikan gambar di bawah:


iklan adwords, langkah-langkah beriklan di Google

-          Langkah IV: Pilih lokasi iklan Anda ingin ditampilkan, tempat iklan akan di tampilkan ("search network" untuk mesin pencari google dan mesin pencari milik partner google dan google "display network" untuk produk Google seperti Youtube, Blogger, website milik partner Google, applikasi smartphone, dan lainnya. Kemudian pilih keyword (kata kunci) iklan Anda. Perhatikan gambar di bawah:
iklan-google-8

iklan google 9
         Langkah terakhir adalah membuat penawaran dan menulis iklan Anda. Penawaran secara otomatis akan diatur oleh Google namun Anda bisa mengaturnya secara manual nantinya. Untuk membuat iklan pertama Anda, isikan landing page dengan alamat website yang akan dituju saat iklan Anda diklik oleh pengunjung mesin pencari Google, kemudian isi judul iklan Anda, kemudian isi judul kedua, terakhir isi deskripsi atau penjelasan iklan Anda. Setelah itu klik "Save" dan iklan Andapun akan jadi. Perhatikan gambar di bawah untuk lebih detailnya:

iklan google 10

iklan google 11

    Sekian  cara beriklan di Google yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat bagi rekan-rekan semuanya dalam mengembangkan dan mempromosikan bisnisnya. Jika rekan-rekan memiliki pertanyaan atau unek-enek tentang cara beriklan di Google, silahkan untuk menuliskan pertanyaan dan pesannya melalui kolom komentar di bawah artikel ini. 



http://development.sukrisudin.id/




Dukung Kami dengan Membagikan Artikel ini

Artikel Terkait