Jasa Iklan AdWords



jasa iklan adwords 1, jasa iklan googleSukriSudin.id - Iklan Google AdWords adalah salah satu opsi terbaik bagi pelaku bisnis untuk mempromosikan produk dan jasanya.

Anda yang saat ini membutuhkan jasa iklan AdWords tentunya berharap agar produk/jasa Anda bisa dipromosikan melalui produk Google dan partnernya.

Melalui artikel kali ini, Sukri Sudin Digital Marketer akan memberikan informasi dan tips kepada Anda bagaimana menemukan penyedia jasa iklan AdWords yang terpercaya dan berkualitas. Here we go!! 

Sekilas tentang iklan AdWords

 

Sebelum memutuskan untuk memilh seorang profesional ataupun agen yang akan Anda percayakan untuk mengelola iklan AdWords Anda, ada baiknya jika Anda mengetahui  terlebih dahulu bagaimana cara kerja iklan AdWords. Hal ini tentunya sangat penting supaya Anda tetap bisa mengontrol proses dan kualitas dari program kampanye iklan Anda.

 Secara sederhana, iklan AdWords Anda akan dibuat oleh profesional/agen yang Anda percayakan. Iklan dibuat dalam bentuk/format iklan teks atau gambar atau video, mana yang terbaik diantara format iklan tersebut tentunya tergatung dari tujuan/goal bisnis Anda, apakah untuk penjualan, awareness, engagement, lead, conversion dan lain sebagainya.

jasa iklan google 2Untuk penempatan iklan, Anda dapat memilih untuk menampilkannya hanya di mesin pencari Google & mesin pencari partner Googole  (iklan text) dan juga dapat memilih untuk menampilkannya di website dan blog yang bekerjasama dengan Google, produk Google seperti Youtube, Google News, dan lainnya (semua format iklan).

Untuk dana yang Anda perlu siapkan untuk kampanye iklan, besarannya bisa Anda tentukan perhari ataupun perbulan. Anda bebas menentukan berapa banyak yang ingin Anda habiskan. Untuk percobaan pertama jika Anda memiliki dana terbatas, idealnya adalah Rp 40.000 – Rp 50.000 perhari atau dikalikan 30,4 untuk hitungan perbulannya.

Terakhir yang sangat penting untuk Anda ketahui adalah biaya dari proyek iklan Anda. Apa dan berapa jumlah yang Anda harus bayar? Yang Anda harus bayar adalah biaya sekali klik yang ditawarkan oleh Google saat pengunjung yang mencari informasi yang berkaitan dengan produk/jasa Anda melalui mesin pencari Google ataupun produk Google lainnya dan juga mesin pencari dan website milik partner Google mengklik iklan Anda tersebut sehingga pengunjung tersebut diarahkan menuju landing page bisnis Anda (Anda hanya dikenakan biaya saat iklan Anda diklik oleh pengunjung).

Selain opsi biaya perklik, Anda juga dapat memilih opsi biaya per tampilan. Anda akan dikenakan biaya tertentu setelah iklan Anda ditampilkan sebanyak 1000 kali. Opsi lainnya adalah biaya perkonversi. Anda dapat membuat halaman tertentu di website/toko online Anda sebagai ukuran untuk konversi dan boleh juga menggunakan nomor handphone Anda sebagai ukuran konversi. Anda akan dikenakan biaya tertentu saat seseorang sampai pada halaman yang Anda tetapkan sebagai ukuran konversi ataupun saat seseorang melakukan panggilan ke nomor handphone Anda.

Kriteria Jasa Penyedia AdWords yang baik dan berkualitas.

 

Berikut beberapa kriteria utama yang berhasil kami rangkum untuk menentukan berkualitas tidaknya profesional/agen yang menawarkan jasa iklan AdWords:

-         Bersertifikat Resmi sebagai Partner Google

 

sertifikat-iklan-google -adwords-sukri-sudinMungkin ada cukup banyak orang yang bisa membuat iklan AdWords, tapi tidak semuanya memiliki sertifikat resmi dari Perusahaan Google.  Profesional yang telah mendapatkan sertifikat resmi dari perusahaan Google merupakan Google Partner yang berkualitas dan telah lulus ujian yang diberikan
oleh Google.

Dan perlu Anda ketahui bahwa membuat iklan itu boleh saja mudah bagi sebagian orang, tapi mengelola kampanye iklan hingga mampu untuk mencapai tujuan bisnis bukanlah perkara yang bisa dianggap remeh. Diperlukan pengetahuan marketing yang baik untuk itu. Selain kemampuan marketing, di dunia online advertising (periklanan online) juga sangat dibutuhkan kemampuan dasar pemrograman website.

Untuk mendapatkan sertifikat dari perusahaan Google, seorang profesional harus mendaftar terlebih dahulu sebagai partner Google kemudian mengikuti kursus secara mandiri, setelah itu mengikuti ujian yang diberikan oleh Google di mana harus memperoleh nilai minimal 80% untuk mencapai kelulusan dan harus lulus 2 dari 6 ujian yang berbeda untuk mendapatkan sertifikat tersebut. Jadi bukan sembarang profesional yang mampu untuk mendapatkan sertifikat dari Google sebagai AdWords Account Manager (Pengelola Akun AdWords).

-         Faham dengan ilmu marketing.

 

Untuk menjadi seorang pengelola kampanye iklan AdWords yang berkualitas, seorang profesional dituntut untuk memahami lmu di bidang marketing (pemasaran). Seperti yang kita ketahui bahwa advertising (periklanan) merupakan bagian dari strategi promotion (promosi) yang merupakan ranah dari ilmu marketing.

mahasiswa marketing

Jadi sangat penting bagi Anda untuk mengetahui latarbelakang keilmuan dari profesional/agen yang akan Anda percayakan mengelola akun iklan AdWords Anda. Cobalah untuk bertanya baik-baik tentang latarbelakang pendidikan dan pengalaman yang mereka miliki.

-         Memiliki pengetahuan dasar web programming dan web maintenance.

 

sertifikat web design sukri sudinPada pengaturan settingan tingkat lanjutan (advance) untuk pengukuran konversi dari kampanye iklan AdWords dibutuhkan pengetahuan  dasar web programming untuk menempatkan kode tracking (pelacakan) ke dalam landing page sehingga konversi dari iklan Anda dapat dilacak dan dilaporkan  oleh Google AdWords.

sertifikat html sukri sudinSelain itu, untuk menaikkan ranking ads (peringkat iklan) Anda sehingga mampu bersaing dengan pengiklan lain dalam bisnis Anda maka diperlukan keterampilan untuk mengecek page insight dari sebuah landing page atau website kemudian melakukan maintenance sehingga landing page atau website Anda lulus dari page insight Google. Sebab jika landing page Anda tidak lulus page insight Google maka iklan Anda akan sulit bersaing dan juga biaya yang akan Anda bayar lebih mahal.

-        Memilik passion yang tinggi di bidang digital marketing khususnya online advertising.

 

Digital marketing masihlah terdengar baru bagi sebagian banyak orang dan masih sangat sedikit profesional yang terjun ke dalam bidang ini. Digital marketing membutuhkan kombinasi keterampilan marketing dan juga keterampilan di bidang website (web design, web maintenance dan web programming).
Anda membutuhkan profesional yang memiliki passion di kedua bidang tersebut untuk membuat program kampanye iklan Anda lebih powerful.

-         Memiliki porto folio dan reputasi yang baik dalam karir.

 

Porto folio dan reputasi merupakan tolak ukur yang sangat akurat bagi kualitas pekerjaan seseorang. Porto folio merupakan bukti dan gambaran dari hasil pekerjaan seseorang dan reputasi merupakan citra seseorang selama berkarir sebagai seorang profesional baik di perusahaan maupun saat menjadi self-employee (freelancer).

Mintalah porto folio dari profesional/agen yang akan anda berikan job untuk menangani proyek kampanye iklan Anda dan jangan lupa untuk meminta CV dan mengecek akun media sosialnya sehingga Anda benar-benar dapat mengetahui reputasi mereka.

-         Menetapkan harga secara wajar

 

Harga yang ditawarkan oleh profesional dan agen beranekaragam. Ada yang mematok harga tertentu misalnya Rp 500.000 perbulan dan ada juga yang menetapkan harga berdasarkan persentase dari budget (dana) beriklan Anda. Untuk mencari jalan aman, sebaiknya Anda memilih profesional/agen yang menetapkan harga berdasarkan persentase dari budget Anda, biasanya 10 – 20% dari budget kampanye iklan. Namun jangan lupa bahwa yang terpenting adalah kriteria-kriteria yang sebelumnya telah kita uraikan di atas.

Demikianlah uraian singkat tentang bagaimana menentukan kriteria jasa iklan AdWords yang berkualitas dan terpercaya. Semoga apa yang telah Digital Marketer tulis ini dapat menambah keilmuan dan keterampilan rekan-rekan dalam bidang digital marketing.

Dukung Kami dengan Membagikan Artikel ini

Artikel Terkait