SukriSudin.id - Iklan Google AdWords adalah salah
satu opsi terbaik bagi pelaku bisnis untuk mempromosikan produk dan jasanya.
Anda yang saat ini membutuhkan jasa iklan AdWords tentunya berharap agar produk/jasa Anda bisa dipromosikan melalui produk Google dan partnernya.
Anda yang saat ini membutuhkan jasa iklan AdWords tentunya berharap agar produk/jasa Anda bisa dipromosikan melalui produk Google dan partnernya.
Melalui artikel kali ini, Sukri Sudin Digital Marketer akan memberikan informasi
dan tips kepada Anda bagaimana menemukan penyedia jasa iklan AdWords yang
terpercaya dan berkualitas. Here we go!!
Sekilas tentang iklan AdWords
Sebelum memutuskan untuk memilh
seorang profesional ataupun agen yang akan Anda percayakan untuk mengelola
iklan AdWords Anda, ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara kerja iklan
AdWords. Hal ini tentunya sangat penting supaya Anda tetap bisa mengontrol
proses dan kualitas dari program kampanye iklan Anda.
Secara sederhana, iklan AdWords
Anda akan dibuat oleh profesional/agen yang Anda percayakan. Iklan dibuat dalam
bentuk/format iklan teks atau gambar atau video, mana yang terbaik diantara
format iklan tersebut tentunya tergatung dari tujuan/goal bisnis Anda, apakah
untuk penjualan, awareness, engagement, lead, conversion dan lain sebagainya.
Untuk penempatan iklan, Anda
dapat memilih untuk menampilkannya hanya di mesin pencari Google & mesin
pencari partner Googole (iklan text) dan
juga dapat memilih untuk menampilkannya di website dan blog yang bekerjasama
dengan Google, produk Google seperti Youtube, Google News, dan lainnya (semua
format iklan).
Untuk dana yang Anda perlu siapkan
untuk kampanye iklan, besarannya bisa Anda tentukan perhari ataupun perbulan.
Anda bebas menentukan berapa banyak yang ingin Anda habiskan. Untuk percobaan
pertama jika Anda memiliki dana terbatas, idealnya adalah Rp 40.000 – Rp 50.000
perhari atau dikalikan 30,4 untuk hitungan perbulannya.
Terakhir yang sangat penting
untuk Anda ketahui adalah biaya dari proyek iklan Anda. Apa dan berapa jumlah
yang Anda harus bayar? Yang Anda harus bayar adalah biaya sekali klik yang ditawarkan oleh
Google saat pengunjung yang mencari informasi yang berkaitan dengan
produk/jasa Anda melalui mesin pencari Google ataupun produk Google lainnya dan
juga mesin pencari dan website milik partner Google mengklik iklan Anda tersebut sehingga pengunjung
tersebut diarahkan menuju landing page bisnis Anda (Anda hanya dikenakan biaya saat iklan Anda diklik oleh pengunjung).
Selain opsi biaya perklik, Anda juga dapat memilih opsi biaya per
tampilan. Anda akan dikenakan biaya tertentu setelah iklan Anda ditampilkan
sebanyak 1000 kali. Opsi lainnya adalah biaya perkonversi. Anda dapat membuat
halaman tertentu di website/toko online Anda sebagai ukuran untuk konversi dan
boleh juga menggunakan nomor handphone Anda sebagai ukuran konversi. Anda akan dikenakan biaya tertentu saat
seseorang sampai pada halaman yang Anda tetapkan sebagai ukuran konversi
ataupun saat seseorang melakukan panggilan ke nomor handphone Anda.
Kriteria Jasa Penyedia AdWords yang baik dan berkualitas.
Berikut beberapa kriteria utama
yang berhasil kami rangkum untuk menentukan berkualitas tidaknya
profesional/agen yang menawarkan jasa iklan AdWords:
- Bersertifikat Resmi sebagai Partner Google
Mungkin ada cukup banyak orang
yang bisa membuat iklan AdWords, tapi tidak semuanya memiliki sertifikat resmi
dari Perusahaan Google. Profesional yang
telah mendapatkan sertifikat resmi dari perusahaan Google merupakan Google Partner
yang berkualitas dan telah lulus ujian yang diberikan
oleh Google.
oleh Google.
Dan perlu Anda ketahui bahwa membuat iklan
itu boleh saja mudah bagi sebagian orang, tapi mengelola kampanye iklan hingga mampu untuk mencapai tujuan
bisnis bukanlah perkara yang bisa dianggap remeh. Diperlukan pengetahuan
marketing yang baik untuk itu. Selain kemampuan marketing, di dunia online
advertising (periklanan online) juga sangat dibutuhkan kemampuan dasar
pemrograman website.
Untuk
mendapatkan sertifikat dari perusahaan Google, seorang profesional harus
mendaftar terlebih dahulu sebagai partner Google kemudian mengikuti kursus
secara mandiri, setelah itu mengikuti ujian yang diberikan oleh Google di mana
harus memperoleh nilai minimal 80% untuk mencapai kelulusan dan harus lulus 2
dari 6 ujian yang berbeda untuk mendapatkan sertifikat tersebut. Jadi bukan sembarang
profesional yang mampu untuk mendapatkan sertifikat dari Google sebagai AdWords
Account Manager (Pengelola Akun AdWords).
- Faham dengan ilmu marketing.
Untuk menjadi
seorang pengelola kampanye iklan AdWords yang berkualitas, seorang profesional
dituntut untuk memahami lmu di bidang marketing (pemasaran). Seperti yang kita
ketahui bahwa advertising (periklanan) merupakan bagian dari strategi promotion
(promosi) yang merupakan ranah dari ilmu marketing.
Jadi sangat
penting bagi Anda untuk mengetahui latarbelakang keilmuan dari profesional/agen
yang akan Anda percayakan mengelola akun iklan AdWords Anda. Cobalah untuk
bertanya baik-baik tentang latarbelakang pendidikan dan pengalaman yang mereka
miliki.
- Memiliki pengetahuan dasar web programming dan web maintenance.
Pada pengaturan
settingan tingkat lanjutan (advance) untuk pengukuran konversi dari kampanye
iklan AdWords dibutuhkan pengetahuan
dasar web programming untuk menempatkan kode tracking (pelacakan) ke
dalam landing page sehingga konversi dari iklan Anda dapat dilacak dan
dilaporkan oleh Google AdWords.
Selain itu,
untuk menaikkan ranking ads (peringkat iklan) Anda sehingga mampu bersaing
dengan pengiklan lain dalam bisnis Anda maka diperlukan keterampilan untuk
mengecek page insight dari sebuah landing page atau website kemudian melakukan
maintenance sehingga landing page atau website Anda lulus dari page insight
Google. Sebab jika landing page Anda tidak lulus page insight Google maka iklan
Anda akan sulit bersaing dan juga biaya yang akan Anda bayar lebih mahal.
- Memilik passion yang tinggi di bidang digital marketing khususnya online advertising.
Digital
marketing masihlah terdengar baru bagi sebagian banyak orang dan masih sangat
sedikit profesional yang terjun ke dalam bidang ini. Digital marketing membutuhkan
kombinasi keterampilan marketing dan juga keterampilan di bidang website (web
design, web maintenance dan web programming).
Anda membutuhkan
profesional yang memiliki passion di kedua bidang tersebut untuk membuat
program kampanye iklan Anda lebih powerful.
- Memiliki porto folio dan reputasi yang baik dalam karir.
Porto folio dan
reputasi merupakan tolak ukur yang sangat akurat bagi kualitas pekerjaan
seseorang. Porto folio merupakan bukti dan gambaran dari hasil pekerjaan
seseorang dan reputasi merupakan citra seseorang selama berkarir sebagai
seorang profesional baik di perusahaan maupun saat menjadi self-employee (freelancer).
Mintalah porto
folio dari profesional/agen yang akan anda berikan job untuk menangani proyek
kampanye iklan Anda dan jangan lupa untuk meminta CV dan mengecek akun media
sosialnya sehingga Anda benar-benar dapat mengetahui reputasi mereka.
- Menetapkan harga secara wajar
Harga yang
ditawarkan oleh profesional dan agen beranekaragam. Ada yang mematok harga
tertentu misalnya Rp 500.000 perbulan dan ada juga yang menetapkan harga
berdasarkan persentase dari budget (dana) beriklan Anda. Untuk mencari jalan
aman, sebaiknya Anda memilih profesional/agen yang menetapkan harga berdasarkan
persentase dari budget Anda, biasanya 10 – 20% dari budget kampanye iklan.
Namun jangan lupa bahwa yang terpenting adalah kriteria-kriteria yang sebelumnya
telah kita uraikan di atas.
Demikianlah uraian
singkat tentang bagaimana menentukan kriteria jasa iklan AdWords yang
berkualitas dan terpercaya. Semoga apa yang telah Digital Marketer
tulis ini dapat menambah keilmuan dan keterampilan rekan-rekan dalam bidang digital marketing.