Cara Promosi Online



cara-promosi-online-1SukriSudin.id - Seiring maraknya bisnis online yang salah satunya ditandai dengan munculnya banyak toko-toko online baru menghadirkan tantangan baru dalam cara mempromosikan bisnis tersebut. 

Olehnya itu, pengetahuan akan dunia internet sudah bukan lagi menjadi pengetahuan khusus melainkan pengetahuan umum yang harus dimiliki oleh setiap individu.

Bagi Anda yang telah memiliki bisnis online tentunya ingin mempromosikan bisnisnya tersebut agar dapat menghasilkan keuntungan maksimal. Namun tentunya bagi Anda yang baru mulai berbisnis secara online pastinya membutuhkan pengetahuan tentang bagaimana cara promosi online yang tepat. Pada artikel kali ini, Sukri Sudin Digital Marketer akan mencoba mengulas tentang cara-cara atau praktek terbaik dalam mempromosikan bisnis Anda. Here we go!!

Apa itu promosi online?

 

Sebelum lebih jauh mengulas tentang promosi online, kita perlu untuk mengetahui terlebih dahulu konsep dari “promosi” itu sendiri. Apakah sebenarnya promosi itu? 

Menurut businessdictionary (kamus bisnis), promosi memiliki dua arti :
  • Pada bidang marketing, promosi berarti perkembangan sebuah produk, ide, atau sudut pandang melalui publisitas dan / atau periklanan
  •      Pada bidang sumber daya manusia, promosi berarti kenaikan posisi karyawan dalam organisasi perusahaan.
Dalam konteks pembahasan tentang promosi online, yang kita pakai tentunya adalah pengertian yang pertama. Jadi promosi online itu dapat kita artikan sebagai suatu usaha untuk mengembangkan suatu produk, ide, atau sudut pandang melalui publisitas dan / atau periklanan menggunakan media online/internet.

Pengertian promosi dapat juga kita gunakan lebih khusus pada bidang penjualan, yang mana promosi diartikan sebagai stimulasi penjualan yang dicapai melalu kontes, bazar, diskon, pameran, permainan, hadiah, dan berbagai kegiatan serupa. 

Karena bisnis online pada dasarnya adalah menjual produk/jasa Anda kepada pelanggan yang membutuhkan maka kita dapat mengambil kesimpulan bahwa promosi online adalah usaha untuk menstimulai penjualan melalui media online. Seserhana itu saja, tentu lebih mudah dimengerti bukan?

Cara Melakukan Promosi Online

 

Bagaimana Anda mempromosikan bisnis online Anda saat ini, khsusunya bagi Anda pelaku bisnis UKM? Langkah apa yang anda tempuh bahwa Anda tidak akan kehilangan kesempatan apapun? Bagaimana Anda bisa memanfaatkan internet untuk menemukan lebih banyak pelanggan dan membuat lebih banyak penjualan?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, silahkan menyimak beberapa hal penting dan tata cara dalam melakukan promosi online.

1 .  Anda harus memiliki website.

 

cara-pomosi-online-websiteSekecil apapun ukuran bisnis Anda, memiliki sebuah website adalah hal mutlak yang harus Anda penuhi jika ingin berbisnis dan berpromosi secara online. 

Mungkin ada akan berkata, tanpa website saya masih bisa kok jualan dan promosi online melalui aplikasi BBM dan social media lainnya seperti Line, Facebook, Instagram dan lainnya. 

Ya Anda tidak salah. Masalahnya adalah cara-cara seperti itu sangat menyita waktu Anda dan tentunya sangat tidak efisien. Anda ingin menjadi seorang pebisnis bukan? Bukannya malah menjadi seorang pekerja.

Seperti apa website yang Anda harus miliki, itu tergantung dari sifat bisnis Anda. Di sana ada beragam pilihan type website yang dapat Anda gunakan. Mulai dari yang gratisan seperti weblog (Anda bisa membuat toko online yang sudah lumayan powerful dengan menggunakan blogspot), membuat toko online berbentuk e-commerce dan juga membuat website pribadi yang mana berisi konten dan informasi mengenai produk/jasa yang Anda tawarkan (ini tidak gratis, Anda harus menyewa hosting + domain + jasa web designer/programmer).

2 . Membuat toko online gratis di Marketplace dan Facebook.

 

facebook-store
Saat ini sudah banyak marketplace yang menawarkan kepada Anda untuk berjualan secara gratis. Sebut saja tokopedia, bukalapak, olx, blibli, lazada, bhinneka dan pemain-pemain dalam negeri lainnya. Anda dengan mudah dapat membuka toko online gratis Anda di sana.

Selain itu facebook sebagai media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak, menawarkan kepada Anda untuk membuat toko online gratis. Dengan fitur yang mereka sediakan, sudah cukup untuk membuat sebuah toko online yang menarik bagi produk/jasa Anda. Jika Anda bingung tentang caranya, silahkan berkosultasi bersama kami secara gratis.

Namun perlu dipahami bahwa toko online gratis ini hanyalah opsi kedua. Anda tetap harus berfokus pada opsi pertama di atas bahwa Anda harus memiliki website jika ingin eksis di bisnis online.

3. Optimalkan website bisnis untuk search engine (mesin pencari).

 

Anda tentunya ingin website bisnis/toko online Anda dikunjungi oleh pengguna internet khususnya bagi mereka yang kemungkinan besar memiliki ketertarikan dengan produk/jasa yang Anda tawarkan (kita sebut dengan pelanggan potensial). Untuk mencapai tujuan Anda tersebut, website Anda haruslah bisa dijangkau oleh mesin pencari (dalam hal ini adalah Google).

Agar website Anda bisa diindex oleh mesin pencari Google dan masuk di halaman pertama hasil pencarian Google, tentunya website Anda harus memiliki kriteria yang disyaratkan oleh Google. Perlu dipahami bahwa ada banyak website yang bersaing untuk masuk halaman pertama Google olehnya itu diperlukan teknik khusus untuk bisa menjadi pemenang. Teknik ini disebut dengan SEO (Search Engine Optimization). Anda bisa menggunakan jasa profesional di bidang SEO agar website Anda bisa nangkring di halaman pertama Google.

   4. Bangun reputasi online Anda.

 

Sebagai pemilik bisnis Anda tentunya telah mengetahui bahwa betapa pentingnya reputasi untuk bisnis Anda dan hal inilah yang perlu anda bangun secara perlahan dan hati-hati dengan penuh kesabaran sepanjang waktu. Dan Anda juga tentunya paham bahwa reputasi yang baik akan membuat orang-orang mempercayai Anda dan ini akan mengantarkan pada peluang menghasilkan penjualan,  pelanggan setia dan masih banyak lainnya.

Dunia internet tidak memiliki pengecualian untuk hal ini, jadi Anda harus bekerja keras untuk mebangun reputasi online Anda sekalu penyedia produk/jasa yang terpercaya. 

Bagaimana cara melakukannya?  
  • Dengan cara selalu konsisten menyediakan produk dan jasa yang berkualitas kepada pelanggan.
  • Dengan memiliki pelayanan pelanggan (customer service) yang baik.
Bagaimana Anda bisa memastikan bahwa dunia online tahu bahwa Anda adalah pebisnis yang terpercaya dan memiliki reputasi baik?

Melalui Media Sosial Ya, media sosial adalah cara mutakhir untuk menyebarkan kata-kata, membangun merek dan menemukan pelanggan baru. Jaringan sosial media seperti Facebook memiliki jutaan pengguna per harinya dan termasuk didalamnya pelanggan potensial Anda.

Dengan menjalankan kampanye media sosial yang tertarget, mempublikasikan konten bermanfaat dan berkualitas tinggi secara teratur dan melibatkan orang-orang yang berkaitan dengan produk/jasa Anda, secara bertahap Anda akan mampu membangun reputasi online.

Namun jika Anda bingung mau mulai darimana atau Anda tidak memiliki cukup waktu untuk berurusan dengan media sosial, Anda bisa menggunakan jasa profesional di bidang ini. Anda juga bisa berkonsultasi secara gratis kepada kami untuk menemukan solusi terbaik tentang sosial media ini.

F    Faktor penting lainnya yang perlu Anda pahami adalah bahwa selain membangun reputasi online, Anda juga perlu mengambil langkah-langkah untuk menjaga dan melindungi reputasi Anda tersebut. Dengan kata lain bahwa saat Anda memutuskan untuk terjun ke media sosial, Anda harus rutin untuk memantau apa yang dikatakan oleh orang lain tentang Anda di jaringan sosial media yang berbeda dan merespon respon jika mereka bertanya, memberi ulasan jelek atau melakukan komplain.

      5. Anda juga membutuhkan konten.

      Mesin pencari dan jaringan media sosial hanya dapat memahami satu hal yaitu konten. Apakah itu berupa  berita, informasi produk, teks, gambar, video, infografis, ulasan, opini, forum, pertanyaan pengguna;  Anda membutuhkan konten untuk dapat mempromosikan bisnis Anda secara online.

Proses promosi dengan menggunakan konten dikenal dengan nama content marketing  (pemasaran konten) dan bisnis-bisnis yang berhasil melakukan content marketing  dengan benar telah mencapai kesuksesan yang besar.

Jika Anda masih bingung bagaimana content  marketing dapat membantu dalam mempromosikan bisnis Anda, coba perhatikan baik-baik apa yang kami lakukan sekarang dalam artikel yang Anda baca. Kami menggunakan konten untuk membantu Anda memahami bagaimana proses mempromosikan bisnis kecil Anda secara online dan pada saat yang sama secara tidak langsung kami mempromosikan keahlian dan jasa yang kami tawarkan.

 6. Pahami bahwa tren pasar mobile sedang naik.

 

Website Anda dirancang dalam tampilan dekstop (PC dan Laptop). Namun saat sekarang ini sudah menjadi keharusan bagi pemilik website untuk membuat websitenya ramah bagi pengguna smartphone (mobile).  Mintalah web designer Anda untuk membuat website responsive yang mana tampilannya dapat menyesuaikan dengan perangkat yang digunakan oleh pengunjung website Anda (dekstop, tablet dan mobile).

 7. Aktif di group/komunitas media sosial.

 

 Media sosial seperti Facebook dan Google plus memberi peluang yang sangat besar bagi anda untuk mempromosikan produk/jasa Anda secara gratis. Dengan membuat sebuah grup/komunitas ataupun bergabung dengan group/komunitas yang sudah ada, Anda dengan mudah bisa memposting produk/jasa Anda yang mana akan diihat oleh member group/komunitas yang sedang aktif.

Hal yang sangat penting untuk Anda pahami jika berpromosi dalam sebuah group/komunitas adalah konten yang relevan dan berkualitas. Konten mengenai produk/jasa Anda sebaiknya memiliki keterkaitan dengan group/komunitas yang Anda ikuti. Contohnya untuk group/komunitas jual beli tentunya pasti relevan dengan bisnis Anda karena group tersebut memang diperuntukkan untuk kegiatan jual beli online. 

Namun untuk group tertentu misalnya grup/komunitas pendidikan, sebaiknya Anda pertimbangkan terlebih dahulu apakah bisnis Anda sesuai ataukah tidak. Sebab jika konten Anda tidak sesuai dengan grup/komunitas secara umum maka bisa saja Anda dianggap melakukan spamming dan Andapun bisa dilaporkan oleh anggota atau admin dari gup/komunitas tersebut.

 8. Beriklan.

Internet menawarkan sejumlah program iklan yang cocok untuk mempromosikan usaha kecil, diantaranya:
google-adwords, iklan google
     -  Beriklan dengan Google Adwords - Google memiliki jaringan periklanan terbesar di dunia dan Anda dapat menggunakannya untuk mempromosikan bisnis online Anda. Hal ini didasarkan pada biaya per klik,  biaya pertampilan serta biaya perkonversi.


Beriklan melalui Google AdWords  merupakan cara selain teknik SEO untuk membuat website Anda bisa nangkring di halaman pertama mesin pencari Google yang  tentunya lebih cepat untuk membuat website Anda muncul di halaman pertama Google. Dengan membuat iklan,website Anda bisa mulus untuk masuk ke halaman pertama. Tentunya ini tidak gratis, tapi paling tidak jauh lebih murah jika dibanding dengan beriklan di Televisi. 

Untuk beriklan melalui Google, Anda membutuhkan profesional di bidang AdWords. Untuk mengetahui lebih jauh entang kriteria profesional/agen iklan Google AdWords yang berkualitas dan terpercaya.

Anda juga bisa belajar untuk melakukannya secara mandiri. Dengan tutorial yang telah kami tulis sebelumnya dapat membantu Anda untuk belajar bagaimana membuat iklan Google AdWords secara mandiri. Lebih lanjut silahkan baca artikel kami di : cara-beriklan-di-Google


     Iklan langsung - Jika Anda memilih untuk tidak menggunakan model iklan PPC, Anda dapat mencari web dan menemukan situs yang relevan dengan bisnis Anda, hubungi mereka dan bernegosiasi dengan mereka mengenai  harga yang perlu Anda bayar untuk menampilkan iklan pada website/blog mereka. 

Selain beriklan langsung melalui website, Anda juga dapat melakukannya di media sosial seperti Instagram. Anda dapat menghubungi dan bernegoisasi dengan selegram atau user Instagram lainnya yang memiliki banyak followers untuk memposting produk/jasa yang Anda tawarkan di halaman Instagram mereka.

Kesimpulan


Apa yang telah kami uraikan di atas adalah metode yang terbaik saat ini dalam berpromosi secara online yang juga telah terbukti sukses menghasilkan pengembalian investasi yang tinggi.

Jika Anda masih baru dalam dunia internet marketing tapi telah memahami bahwa Anda harus melakukan hal  ini maka akan tidaklah terlalu sulit untuk mengembangkan bisnis Anda, cara terbaik untuk memulai adalah dengan berkonsultasi dengan profesional di bidang digital marketing.

 

Dukung Kami dengan Membagikan Artikel ini

Artikel Terkait