SukriSudin.id - Seiring
maraknya bisnis online yang salah satunya ditandai dengan munculnya banyak toko-toko online
baru menghadirkan tantangan baru dalam cara mempromosikan bisnis tersebut.
Olehnya itu, pengetahuan akan dunia internet sudah bukan lagi
menjadi pengetahuan khusus melainkan pengetahuan umum yang harus dimiliki oleh
setiap individu.
Bagi Anda yang telah memiliki
bisnis online tentunya ingin mempromosikan bisnisnya tersebut agar dapat
menghasilkan keuntungan maksimal. Namun tentunya bagi Anda yang baru mulai
berbisnis secara online pastinya membutuhkan pengetahuan tentang bagaimana cara
promosi online yang tepat. Pada artikel kali ini, Sukri Sudin Digital Marketer
akan mencoba mengulas tentang cara-cara atau praktek terbaik dalam mempromosikan
bisnis Anda. Here we go!!
Apa itu promosi online?
Sebelum lebih jauh mengulas
tentang promosi online, kita perlu untuk mengetahui terlebih dahulu konsep dari
“promosi” itu sendiri. Apakah sebenarnya promosi itu?
Menurut businessdictionary (kamus bisnis), promosi memiliki dua arti :
Menurut businessdictionary (kamus bisnis), promosi memiliki dua arti :
- Pada bidang marketing, promosi berarti perkembangan sebuah produk, ide, atau sudut pandang melalui publisitas dan / atau periklanan
- Pada bidang sumber daya manusia, promosi berarti kenaikan posisi karyawan dalam organisasi perusahaan.
Dalam konteks pembahasan tentang
promosi online, yang kita pakai tentunya adalah pengertian yang pertama. Jadi
promosi online itu dapat kita artikan sebagai suatu usaha untuk mengembangkan
suatu produk, ide, atau sudut pandang melalui publisitas dan / atau periklanan
menggunakan media online/internet.
Pengertian promosi dapat juga kita
gunakan lebih khusus pada bidang penjualan, yang mana promosi diartikan sebagai
stimulasi penjualan yang dicapai melalu kontes, bazar, diskon, pameran,
permainan, hadiah, dan berbagai kegiatan serupa.
Karena bisnis online pada dasarnya adalah menjual produk/jasa Anda kepada pelanggan yang membutuhkan maka kita dapat mengambil kesimpulan bahwa promosi online adalah usaha untuk menstimulai penjualan melalui media online. Seserhana itu saja, tentu lebih mudah dimengerti bukan?
Karena bisnis online pada dasarnya adalah menjual produk/jasa Anda kepada pelanggan yang membutuhkan maka kita dapat mengambil kesimpulan bahwa promosi online adalah usaha untuk menstimulai penjualan melalui media online. Seserhana itu saja, tentu lebih mudah dimengerti bukan?
Cara Melakukan Promosi Online
Bagaimana Anda mempromosikan
bisnis online Anda saat ini, khsusunya bagi Anda pelaku bisnis UKM? Langkah apa
yang anda tempuh bahwa Anda tidak akan kehilangan kesempatan apapun? Bagaimana
Anda bisa memanfaatkan internet untuk menemukan lebih banyak pelanggan dan
membuat lebih banyak penjualan?
Untuk menjawab
pertanyaan-pertanyaan tersebut, silahkan menyimak beberapa hal penting dan tata cara dalam melakukan promosi online.
1 . Anda harus memiliki website.
Sekecil apapun
ukuran bisnis Anda, memiliki sebuah website adalah hal mutlak yang harus Anda
penuhi jika ingin berbisnis dan berpromosi secara online.
Mungkin ada akan berkata, tanpa website saya masih bisa kok jualan dan promosi online melalui aplikasi BBM dan social media lainnya seperti Line, Facebook, Instagram dan lainnya.
Ya Anda tidak salah. Masalahnya adalah cara-cara seperti itu sangat menyita waktu Anda dan tentunya sangat tidak efisien. Anda ingin menjadi seorang pebisnis bukan? Bukannya malah menjadi seorang pekerja.
Mungkin ada akan berkata, tanpa website saya masih bisa kok jualan dan promosi online melalui aplikasi BBM dan social media lainnya seperti Line, Facebook, Instagram dan lainnya.
Ya Anda tidak salah. Masalahnya adalah cara-cara seperti itu sangat menyita waktu Anda dan tentunya sangat tidak efisien. Anda ingin menjadi seorang pebisnis bukan? Bukannya malah menjadi seorang pekerja.
Seperti apa
website yang Anda harus miliki, itu tergantung dari sifat bisnis Anda. Di sana
ada beragam pilihan type website yang dapat Anda gunakan. Mulai dari yang gratisan
seperti weblog (Anda bisa membuat toko online yang sudah lumayan powerful
dengan menggunakan blogspot), membuat toko online berbentuk e-commerce dan juga
membuat website pribadi yang mana berisi konten dan informasi mengenai produk/jasa
yang Anda tawarkan (ini tidak gratis, Anda harus menyewa hosting + domain +
jasa web designer/programmer).
2 . Membuat toko online gratis di Marketplace dan Facebook.
Saat ini sudah
banyak marketplace yang menawarkan kepada Anda untuk berjualan secara gratis.
Sebut saja tokopedia, bukalapak, olx, blibli, lazada, bhinneka dan
pemain-pemain dalam negeri lainnya. Anda dengan mudah dapat membuka toko online
gratis Anda di sana.
Selain itu
facebook sebagai media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak, menawarkan
kepada Anda untuk membuat toko online gratis. Dengan fitur yang mereka
sediakan, sudah cukup untuk membuat sebuah toko online yang menarik bagi produk/jasa
Anda. Jika Anda bingung tentang caranya, silahkan berkosultasi bersama kami secara gratis.
Namun perlu
dipahami bahwa toko online gratis ini hanyalah opsi kedua. Anda tetap harus
berfokus pada opsi pertama di atas bahwa Anda harus memiliki website jika ingin
eksis di bisnis online.
3. Optimalkan website bisnis untuk search engine (mesin pencari).
Anda tentunya
ingin website bisnis/toko online Anda dikunjungi oleh pengguna internet
khususnya bagi mereka yang kemungkinan besar memiliki ketertarikan dengan
produk/jasa yang Anda tawarkan (kita sebut dengan pelanggan potensial). Untuk mencapai tujuan Anda tersebut, website
Anda haruslah bisa dijangkau oleh mesin pencari (dalam hal ini adalah Google).
Agar website Anda
bisa diindex oleh mesin pencari Google dan masuk di halaman pertama hasil
pencarian Google, tentunya website Anda harus memiliki kriteria yang
disyaratkan oleh Google. Perlu dipahami bahwa ada banyak website yang bersaing
untuk masuk halaman pertama Google olehnya itu diperlukan teknik khusus untuk
bisa menjadi pemenang. Teknik ini disebut dengan SEO (Search Engine
Optimization). Anda bisa menggunakan jasa profesional di bidang SEO agar
website Anda bisa nangkring di halaman pertama Google.
4. Bangun reputasi online Anda.
Sebagai pemilik bisnis Anda tentunya telah
mengetahui bahwa betapa pentingnya reputasi untuk bisnis Anda dan hal inilah
yang perlu anda bangun secara perlahan dan hati-hati dengan penuh kesabaran
sepanjang waktu. Dan Anda juga tentunya paham bahwa reputasi yang baik akan
membuat orang-orang mempercayai Anda dan ini akan mengantarkan pada peluang menghasilkan penjualan, pelanggan
setia dan masih banyak lainnya.
Dunia internet tidak memiliki pengecualian untuk
hal ini, jadi Anda harus bekerja keras untuk mebangun reputasi online Anda
sekalu penyedia produk/jasa yang terpercaya.
Bagaimana cara melakukannya?
- Dengan cara selalu konsisten menyediakan produk dan jasa yang berkualitas kepada pelanggan.
- Dengan memiliki pelayanan pelanggan (customer
service) yang baik.
Bagaimana Anda bisa memastikan bahwa dunia online tahu bahwa Anda adalah
pebisnis yang terpercaya dan memiliki reputasi baik?
Melalui Media Sosial – Ya, media sosial adalah cara mutakhir untuk menyebarkan kata-kata, membangun merek dan menemukan pelanggan baru. Jaringan sosial media
seperti Facebook memiliki jutaan pengguna per harinya dan termasuk didalamnya pelanggan
potensial Anda.
F Faktor penting lainnya yang perlu
Anda pahami adalah bahwa selain membangun reputasi online, Anda juga perlu
mengambil langkah-langkah untuk menjaga dan melindungi reputasi Anda tersebut. Dengan kata lain
bahwa saat Anda memutuskan untuk terjun ke media sosial, Anda harus rutin untuk
memantau apa yang dikatakan oleh orang lain tentang Anda di jaringan sosial
media yang berbeda dan merespon respon jika mereka bertanya, memberi ulasan
jelek atau melakukan komplain.
5. Anda juga membutuhkan konten.
Mesin pencari dan jaringan media
sosial hanya dapat memahami satu hal yaitu konten. Apakah
itu berupa berita, informasi produk,
teks, gambar, video, infografis, ulasan, opini, forum, pertanyaan pengguna; Anda membutuhkan konten untuk dapat
mempromosikan bisnis Anda secara online.
Proses promosi dengan menggunakan
konten dikenal dengan nama content marketing (pemasaran konten) dan bisnis-bisnis yang
berhasil melakukan content marketing dengan benar telah mencapai kesuksesan yang
besar.
Jika Anda masih bingung bagaimana content marketing dapat membantu dalam mempromosikan bisnis
Anda, coba perhatikan baik-baik apa yang kami lakukan sekarang dalam artikel
yang Anda baca. Kami menggunakan konten untuk membantu Anda memahami bagaimana
proses mempromosikan bisnis kecil Anda secara online dan pada saat yang sama secara
tidak langsung kami mempromosikan keahlian dan jasa yang kami tawarkan.
6. Pahami bahwa tren pasar mobile sedang naik.
6. Pahami bahwa tren pasar mobile sedang naik.
Website Anda dirancang dalam
tampilan dekstop (PC dan Laptop). Namun saat sekarang ini sudah menjadi
keharusan bagi pemilik website untuk membuat websitenya ramah bagi pengguna
smartphone (mobile). Mintalah web
designer Anda untuk membuat website responsive yang mana tampilannya dapat
menyesuaikan dengan perangkat yang digunakan oleh pengunjung website Anda
(dekstop, tablet dan mobile).
7. Aktif di group/komunitas media sosial.
Media sosial seperti Facebook dan Google plus memberi peluang yang sangat besar bagi anda untuk mempromosikan produk/jasa Anda secara gratis. Dengan membuat sebuah grup/komunitas ataupun bergabung dengan group/komunitas yang sudah ada, Anda dengan mudah bisa memposting produk/jasa Anda yang mana akan diihat oleh member group/komunitas yang sedang aktif.
Hal yang sangat penting untuk Anda pahami jika berpromosi dalam sebuah group/komunitas adalah konten yang relevan dan berkualitas. Konten mengenai produk/jasa Anda sebaiknya memiliki keterkaitan dengan group/komunitas yang Anda ikuti. Contohnya untuk group/komunitas jual beli tentunya pasti relevan dengan bisnis Anda karena group tersebut memang diperuntukkan untuk kegiatan jual beli online.
Namun untuk group tertentu misalnya grup/komunitas pendidikan, sebaiknya Anda pertimbangkan terlebih dahulu apakah bisnis Anda sesuai ataukah tidak. Sebab jika konten Anda tidak sesuai dengan grup/komunitas secara umum maka bisa saja Anda dianggap melakukan spamming dan Andapun bisa dilaporkan oleh anggota atau admin dari gup/komunitas tersebut.
8. Beriklan.
Internet menawarkan sejumlah program iklan
yang cocok untuk mempromosikan usaha kecil, diantaranya:
- Beriklan dengan Google Adwords - Google memiliki jaringan periklanan terbesar di dunia dan Anda dapat menggunakannya untuk mempromosikan bisnis online Anda. Hal ini didasarkan pada biaya per klik, biaya pertampilan serta biaya perkonversi.
Beriklan melalui Google AdWords merupakan cara selain teknik SEO untuk membuat website Anda bisa nangkring di halaman pertama mesin pencari Google yang tentunya lebih cepat untuk membuat website Anda muncul di halaman pertama Google. Dengan membuat iklan,website Anda bisa mulus untuk masuk ke halaman pertama. Tentunya ini tidak gratis, tapi paling tidak jauh lebih murah jika dibanding dengan beriklan di Televisi.
Anda juga bisa belajar untuk melakukannya secara mandiri. Dengan tutorial yang telah kami tulis sebelumnya dapat membantu Anda untuk belajar bagaimana membuat iklan Google AdWords secara mandiri. Lebih lanjut silahkan baca artikel kami di : cara-beriklan-di-Google
- Beriklan dengan Google Adwords - Google memiliki jaringan periklanan terbesar di dunia dan Anda dapat menggunakannya untuk mempromosikan bisnis online Anda. Hal ini didasarkan pada biaya per klik, biaya pertampilan serta biaya perkonversi.
Beriklan melalui Google AdWords merupakan cara selain teknik SEO untuk membuat website Anda bisa nangkring di halaman pertama mesin pencari Google yang tentunya lebih cepat untuk membuat website Anda muncul di halaman pertama Google. Dengan membuat iklan,website Anda bisa mulus untuk masuk ke halaman pertama. Tentunya ini tidak gratis, tapi paling tidak jauh lebih murah jika dibanding dengan beriklan di Televisi.
Untuk beriklan melalui Google, Anda membutuhkan
profesional di bidang AdWords. Untuk mengetahui lebih jauh entang kriteria profesional/agen iklan Google AdWords yang berkualitas dan terpercaya.
Anda juga bisa belajar untuk melakukannya secara mandiri. Dengan tutorial yang telah kami tulis sebelumnya dapat membantu Anda untuk belajar bagaimana membuat iklan Google AdWords secara mandiri. Lebih lanjut silahkan baca artikel kami di : cara-beriklan-di-Google
Iklan langsung - Jika Anda memilih untuk tidak
menggunakan model iklan PPC, Anda dapat mencari web dan menemukan situs yang
relevan dengan bisnis Anda, hubungi mereka dan bernegosiasi dengan mereka
mengenai harga yang perlu Anda bayar
untuk menampilkan iklan pada website/blog mereka.
Selain beriklan langsung melalui website, Anda juga dapat melakukannya di media sosial seperti Instagram. Anda dapat menghubungi dan bernegoisasi dengan selegram atau user Instagram lainnya yang memiliki banyak followers untuk memposting produk/jasa yang Anda tawarkan di halaman Instagram mereka.
Kesimpulan
Apa yang telah kami uraikan di atas adalah metode
yang terbaik saat ini dalam berpromosi secara online yang juga telah terbukti sukses
menghasilkan pengembalian investasi yang tinggi.
Jika Anda masih baru dalam dunia internet marketing tapi telah memahami bahwa Anda harus melakukan hal ini maka akan tidaklah terlalu sulit untuk mengembangkan bisnis Anda, cara terbaik untuk memulai adalah dengan berkonsultasi dengan profesional di bidang digital marketing.