SukriSudin.id - Periklanan online memberi Anda kesempatan untuk menunjukkan iklan Anda kepada orang-orang yang kemungkinan akan tertarik dengan produk dan jasa Anda. Periklanan online khususnya iklan AdWords dapat meningkatkan penjualan bisnis Anda secara efektif dan efisien.
Melalui iklan AdWords, kampanye iklan Anda lebih powerful dan tepat sasaran. Melalui artikel ini, Digital Marketing akan mengurai apa saja keuntungan utama dari program iklan Google AdWords ini.
Apa sebenarnya AdWords itu?
AdWords adalah sistem periklanan online yang ditawarkan oleh perusahaan Google yang mana pengiklan dapat menawar pada kata kunci tertentu sehingga iklan mereka dapat diklik oleh pengunjung pada halaman hasil pencarian Google.
AdWords mengijinkan Anda untuk mengambil keuntungan dari periklanan online misalnya: menunjukkan iklan Anda kepada orang yang tepat, pada tempat yang tepat, dan pada saat yang tepat. AdWords menawarkan cukup banyak manfaat, berikut manfaat utamanya:
Manfaat Iklan AdWords
1. Targetkan Iklan Anda
Penargetan memberikan Anda kemampuan untuk menunjukkan iklan Anda kepada orang-orang yang kemungkinan akan tertarik dengan produk dan jasa yang Anda tawarkan.
AdWords menawarkan cara yang berbeda didalam menentukan penargetan.
- Keywords (Kata Kunci): Kata atau kalimat yang terkait dengan produk dan jasa Anda, yang digunakan untuk menunjukkan iklan Anda ketika pelanggan mencari kata atau kalimat tersebut atau mengunjungi website yang terkait. Misalnya Anda menawarkan produk kecantikan berupa anti jerawat dan pemutih, Anda bisa menggunakan kata kunci “produk penghilang jerawat”.
Saat pelanggan mencari informasi tentang produk penghilang jerawat dan mengetikkan kata kunci yang Anda gunakan, maka Google akan menampilkan iklan Anda pada halaman pertama hasil pencarian mereka sehingga pelanggan tersebut akan melihat iklan Anda.
Selain tampil pada halaman pertama hasil pencarian mesin pencari Google, iklan Anda juga bisa muncul pada website atau blog yang kontennya terkait dengan penghilang jerawat.
- Lokasi Iklan: Tempat iklan Anda akan ditampilkan yakni pada mesin pencari, website/blog komersial atau website/blog pribadi yang bekerjasama dengan Google.
- Umur, Lokasi dan Bahasa : Anda bisa memilih umur, lokasi geografi, dan bahasa dari pelanggan yang ingin Anda targetkan.
- Hari, Jam, dan Frekuensi: Anda dapat menampilkan iklan Anda pada jam atau hari tertentu dalam seminggu, dan menentukan seberapa sering iklan Anda akan dimunculkan.
- Perangkat: Iklan Anda dapat muncul pada semua perangkat baik dekstop (laptop dan PC), tablet dan juga smartphone. Anda juga dapat melakukan pengaturan diperangkat mana iklan Anda ingin ditampilkan dan kapan waktu tampilnya.
2. Kontrol Biaya Anda

AdWords memberikan kontrol penuh kepada Anda atas biaya yang ingin Anda keluarkan dalam kampanye iklan. Anda bebas menentukan biaya iklan yang sanggup Anda habiskan, tidak ada batas minimumnya.
Anda juga dapat memilih berapa banyak yang ingin Anda habiskan perbulan, perhari, dan periklan. Anda hanya akan membayar saat seseorang mengklik iklan Anda (biaya perklik), atau saat iklan Anda telah ditampilkan sebanyak 1000 kali (biaya pertampilan), atau juga saat seseorang melakukan tindakan berharga dalam website Anda misalnya mengisi form pendaftaran (biaya perkonversi).
3. Ukur Kesuksesan Anda
Dengan AdWords, jika seseorang mengklik iklan Anda, Anda akan mengetahuinya. Jika mereka mengklik iklan Anda dan kemudian melakukan tindakan yang berharga untuk bisnis Anda misalnya melakukan pembelian produk, men-download aplikasi Anda, atau menelpon Anda untuk memesan produk, Anda juga dapat melacak hal tersebut.
Dengan melihat iklan mana yang mendapatkan klik dan mana yang tidak, Anda juga dengan cepat akan mengetahui di mana untuk melakukan investasi pada kampanye Anda. Hal tersebut dapat membantu mempercepat balik modal (Return on Invesment).
Anda juga bisa mendapatkan data berharga lainnya, termasuk berapa banyak biaya iklan Anda tersebut, berapa harga rata-ratanya, iklan mana yang menghasilkan penjualan atau panggilan telepon. Anda juga dapat menggunakan alat analisis untuk mempelajari perilaku belanja pelanggan Anda contohnya beralapa lama mereka cenderung meneliti produk Anda sebelum mereka memutuskan untuk melakukan pembelian.
4. Kelola Kampanye Anda
AdWords juga memberi penawaran kepada Anda beberapa alat untuk mempermudah dalam mengelola dan mengawasi akun Anda.
Jika Anda mengelola beberapa akun AdWords yang berbeda, pengelola akun My Client Center (MCC) adalah alat yang powerful yang dapat menghemat waktu Anda. Akun MCC akan memungkinkan Anda untuk lebih mudah melihat dan mengelola semua akun AdWords dari satu lokasi.
Anda juga dapat mengelola akun AdWords Anda secara offline dengan AdWords Editor, sebuah, aplikasi desktop yang dapat Anda download secara gratis yang memungkinkan Anda untuk membuat perubahan pada akun Anda dengan cepat dan mudah. Dengan AdWords Editor, Anda dapat men-download informasi akun Anda, mengedit kampanye secara offline, dan kemudian mengunggah perubahan ke AdWords.
Anda dapat memakai Editor AdWords untuk mengelola, mengedit, dan melihat beberapa akun dalam waktu yang sama, meng-copy atau memindahkan item antara grup iklan dan kampanye, dan membatalkan dan mengulangi beberapa perubahan saat melakukan proses pengeditan kampanye.
Kesimpulan
Dengan mengetahui ke-empat manfaat utama dari iklan AdWords, Anda dapat mengambil peluang yang ditawarkan oleh Google melalui iklan AdWords ini sehingga dapat mensukseskan program kampanye marketing Anda.
Jika Anda masih bingung tentang AdWords dan ingin mengetahui lebih detail, Anda bisa berkonsultasi secara gratis dengan kami. Silahkan untuk meninggalkan pertanyaan atau pesan Anda melalui kolom komentar di bawah artikel ini.