5 Elemen Website yang Perlu Dioptimalkan untuk SEO on Page

meningkatkan-seo-website


Optimisasi Website SukriSudin.id - Kini mungkin Anda sudah memiliki sebuah website dengan desain yang apik dan menawan. Namun tampil keren saja belumlah cukup untuk sebuah website khususnya website untuk keperluan bisnis. Ada elemen lain yang perlu Anda optimalkan agar website Anda bisa menjangkau orang lebih banyak melalui hasil pencarian mesin penelusuran Google, Bing dan Yahoo (SERP).

Teknik tersebut dikenal dengan nama SEO (Search Engine Optimisation). Anda harus menjalankan teknik ini agar website Anda bisa masuk halaman pertama hasil pencarian Google dan mesin pencari lainnya. Teknik tersebut dibagi atas 2 yaitu Off Page SEO dan On Page SEO.

Pada artikel ini kita akan membahas teknik On Page SEO dengan jalan mengoptimalkan elemen utama pada website Anda. Berikut ulasannya.

Berikut 5 Elemen Website  yang Harus Dioptimalkan untuk SEO on Page


1. Judul Halaman (Page Title)


page-titlejudul-halaman-page-titile 




 Judul halaman adalah teks yang Anda lihat pada bagian atas jendela browser saat melihat halaman website dan juga pada  judul halaman yang disajikan dalam hasil pencarian mesin penelusuran.

Judul halaman dapat ditemukan dan diedit pada file HTML website Anda. Teks yang ada diantara kode "<title>" dengan "</title>" adalah judul halaman Anda. 

html-page-title

Berikut adalah beberapa panduan untuk membuat halaman judul yang efektif:
• Tulis judul halaman yang menjelaskan - dan selaras dengan - konten halaman.
• Sertakan kata kunci yang terkait (yang seharusnya terjadi secara alami jika Anda mengikuti tip di atas).
• Tempatkan kata kunci sedekat mungkin dengan permulaan judul.
• Buat panjangnya kurang dari 70 karakter. (Judul halaman yang lebih panjang akan terputus oleh browser web dan di hasil pencarian. Jika Anda membuat judul halaman terlalu panjang, itu juga akan mengurangi pentingnya kata kunci yang disebutkan.)
• Sertakan nama perusahaan Anda di akhir judul halaman jika ada ruang.
• Gunakan judul halaman yang berbeda untuk setiap halaman situs Anda.


2. Keterangan Meta (Meta Description)


Meta description adalah ringkasan singkat yang bisa Anda tulis untuk halaman website, yang mana nantinya akan ditampilkan oleh hasil penelusuran mesin pencari dan juga saat Anda share di media sosial seperti Facebook.


deskripsi-meta


Keterangan ini tidak masuk lagi dalam faktor perhitungan penilaian peringkat (ranking)mesin pencari, tapi masih sangat bermanfaat untuk meningkatkan rasio klik-tayang (CTR).

Saat membuat keterangan, sebaiknya tujuannya adalah untuk menulis kalimat menarik yang benar-benar menggambarkan apa yang ada di halaman sehingga pencari tertarik untuk mengunjungi website Anda dibandingkan dengan website lain yang muncul di halaman hasil pencarian yang sama. 

 

3. Heading (Judul)


Jika Anda melihat sepotong teks tampak lebih besar atau lebih menonjol daripada teks lainnya pada sebuah halaman website, kemugkinan besar itu adalah bagian dari judul . Anda dapat memverifikasi ini dengan memeriksa kode HTML dari halaman web dan mencari teks dalam tag <h1>, <h2>, atau <h3> yang mengapit teks tersebut.

Mesin pencari dan pencari, keduanya cenderung lebih memperhatikan judul dibandingkan dengan teks paragraf biasa karena ukurannya yang lebih besar menunjukkan bagian topik. Banyak pembaca mungkin memindai posting blog Anda, misalnya sampai mereka menemukan bagian yang membahas permintaan spesifik mereka. Sebaiknya sertakan kata kunci dalam judul Anda bila memungkinkan.

heading

Perlu diingat bahwa tag <h1> memberi teks lebih besar sebagai kata kunci daripada tag <h2> atau <h3>. Memasukkan terlalu banyak judul dapat mengaburkan pentingnya kata kunci di pos lainnya, jadi kami merekomendasikan hanya menggunakan tag <h1> satu kali. 

Jika halaman itu mengandung banyak teks (seperti posting blog ini), maka jangan ragu untuk memecah konten dengan beberapa tag <h2> sebagai bagian judul, dan tag <h3> sebagai judul paragraf.

4.  Images (Gambar)


Gambar di halaman website dapat meningkatkan pengalaman pengguna. Namun saat memasukkan gambar ke website Anda, jangan lupa untuk mempertimbangkan hal berikut ini:
 
• Jangan gunakan gambar secara berlebihan. Lebih banyak gambar bisa memperlambat proses loading halaman Anda, dengan demikian berdampak negatif terhadap pengalaman pengguna dan SEO - mesin pencari seperti Google memperhitungkan kecepatan loading website Anda ke dalam algoritma peringkat mereka.

• Sesuaikan "alt teks" gambar. Karena berbagai alasan, gambar di situs Anda mungkin gagal ditampilkan. Untuk memastikan agar pengunjung tetap dapat memahami informasi yang Anda tampilkan pada gambar, sesuaikan atribut "alt teks" gambar untuk menjelaskan tentang gambar. 

Hal ini juga akan membantu mesin pencari memahami bahwa gambar Anda terkait dengan halaman, yang diperhitungkan ke dalam algoritma pencarian dan akan membantu Anda mendatangkan lalu lintas yang terkait dari pencarian gambar. Saat menulis tag alt, pisahkan kata dengan tanda hubung (-).

5. URL Structure (Struktur URL)

URL halaman web adalah alamat webnya. Misalnya, blog SukriSudin memiliki URL http: // blog.sukrisudin.idStruktur URL mengacu pada bagaimana teks dalam URL terorganisir, serta bagaimana URL yang berbeda di website  Anda berinteraksi satu sama lain.

Saat menyusun URL situs web Anda, ada beberapa praktik terbaik yang perlu diingat:

• Pisahkan kata kunci dengan tanda hubung. Untuk URL halaman internal Anda, pisahkan kata kunci individual dengan tanda hubung (-). Misalnya: http://sukrisudin.id/jasa-pembuatan-website/ adalah URL bagus kaena itu menangkap 'jasa', 'pembuatan'  dan 'website' sebagai kata kunci.

• Jelaskan apa yang ada di halaman. Susun URL Anda agar mudah dimengerti oleh pencari informasi tentang apa yang akan mereka temukan Misalnya, jika Anda mendarat di halaman produk perusahaan, melihat URL http://perusahaan.com/produk/nama-produk akan jauh lebih meyakinkandaripada sesuatu seperti http://perusahaan.com/1543?/eh ?.

• Gunakan pengalihan 301 bila diperlukan. Pengalihan 301 meneruskan URL lama ke yang baru. Pastikan bahwa Anda telah melakukan ini jika Anda mengubah URL halaman pada website Anda. Kesalahan yang umum adalah tidak menerapkan pengalihan 301 antara websiteanda.com dan www.websiteanda.com.

Ini bisa menjadi sebuah permasalahan dari sudut pandang SEO, karena mesin pencari akan memberikan kredit tersendiri kepada kedua versi website Anda tersebut.

Kesimpulan


Mengoptimalkan kelima elemen tersebut merupakan praktek terbaik untuk SEO on Page dari website Anda. Melakukan hal ini dapat membantu website Anda semakin mendekat ke halaman pertama hasil penelusuran mesin pencari seperti Google dan itu artinya hal baik bagi bisnis Anda.

Jika Anda butuh panduan lebih jauh untuk melakukan hal ini, jangan ragu dan sungkan untuk menuliskan pertanyaan Anda pada kolom komentar di bawah artikel ini. 


http://development.sukrisudin.id/web-moderen-ebook-gratis.html


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Tak lupa kami sampaikan bahwa kami mengharapkan dukungan teman-teman pembaca sekalian jika tidak keberatan untuk menyukai dan membagikan artikel kami ini sehingga lebih banyak lagi teman dan saudara kita yang mendapatkan informasi ini. Terima kasih.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Dukung Kami dengan Membagikan Artikel ini

Artikel Terkait