10 Cara Jadi Pengusaha Sukses Ala Steve Jobs

aturan-sukses-steve-jobs

SukriSudin.id - Masing-masing entrepreneur yang telah sukses memiliki cara atau aturan yang unik dalam meraih kesuksesan mereka. Salah satunya adalah mendiang Steve Jobs. Mantan CEO perusahaan Apple ini menerapkan 10 aturan sukses dalam riwayat karirnya.

Lelaki yang digelari "Bapak Revolusi Digital" dan juga "Master Inovasi" ini telah menggapai kesuksesan bisnis yang sangat besar dalam hidupnya. Sebagai seorang Digital Marketer, beliau merupakan salah satu role model kami. 

Berikut 10 aturan sukses yang beliau terapkan sehingga mampu menjadi seorang pengusaha sukses.

1. Jangan Hidup Dalam Kehidupan yang Terbatas


Beliau mengatakan bahwa "waktu Anda terbatas, jadi jangan menyia-nyiakannya dengan kehidupan orang lain. Jangan terperangkap oleh dogma - di mana Anda hidup dengan hasil pemikiran orang lain. Jangan biarkan suara opini orang lain menenggelamkan suara hati Anda sendiri. Dan yang terpenting, milikilah keberanian untuk mengikuti kata hati dan intuisi Anda. Mereka entah bagaimana sudah tahu apa yang sebenarnya Anda inginkan. Yang lain sifatnya hanya sekunder.

2. Milikilah Passion (Gairah)


Jika Anda tidak memiliki semangat besar sejak awal membangun bisnis Anda maka Anda tidak akan pernah bisa bertahan menghadapi kendala yang siang menghadang. Setiap jenis pekerjaan pasti mempunyai sebuah aspek yang mana akan membuat Anda kesulitan dan frustasi, bahkan untuk pekerjaan terbaik di dunia sekalipun. Namun passion membuat Anda akan mampu melewati semua itu dengan baik.

3. Desain untuk Diri Anda


Apapun produk yang Anda buat atau jasa yang Anda tawarkan, buatlah itu untuk diri Anda sendiri. Meski Anda akan menjualnya kepada orang lain namun tidak berarti Anda akan membuatnya dengan seadanya. Setiap orang pasti menginginkan yang terbaik, jadi buatlah sesuatu layaknya sebagai persembahan untuk diri Anda sendiri.

4. Jangan Jual Sampah


Senada dengan aturan ketiga, aturan ke empat ini juga mengharapkan para pebisnis untuk menjual produk berkualitas tinggi. Sama seperti produk-produk Apple yang ada di pasaran. Meski harganya mahal namun Anda tak perlu meragukan kualitasnya.

5. Bangun Tim yang Hebat


Orang-orang yang ada di sekeliling Anda adalah mereka yang akan membentuk masa depan Anda. Jika Anda dikelilingi oleh orang-orang yang cerdas dan berpikiran positif yang membagikan visi Anda, maka Anda berpeluang besar untuk memiliki masa depan yang cerah. 

Penting untuk diketahui bahwa Anda adalah rata-rata dari 5 orang terdekat Anda. Jadi pilihlah dengan bijaksana.

6. Jangan Lakukan untuk Uang


Pilihlah pekerjaan yang Anda cintai maka Anda tidak perlu bekerja seharian dalam hidup. Steve Jobs memiliki pekerjaan senilai 100 juta dolar saat usianya 25 tahun, tapi dia tidak melakukannya demi uang. Dia melakukannya karena dia ingin mengubah dunia, dia adalah seorang inovator.

7. Bangga dengan Produk Anda


Buatlah produk yang akan Anda rekomendasikan dengan bangga kepada teman dan keluarga. Jika produk Anda bagus, uang akan menyusul. Pastikan produk Anda berkualitas tinggi dan itu adalah sesuatu yang akan membuat senang pengguna atau pelanggan Anda.

8. Membangun Disekitar Pelanggan


Pelanggan cenderung mempercayai orang yang serius dengan apa yang mereka lakukan, dan bersedia meluangkan waktu untuk mencapai pemahaman mendalam tentang keahlian mereka. Luangkan waktu setiap hari untuk mempelajari lebih lanjut tentang pelanggan, industri dan tantangan mereka.

Tak perlu dikatakan, mendapatkan kepercayaan hanyalah bagian dari persamaan. Anda juga harus memiliki produk yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan, dan kemampuan untuk menunjukkan bagaimana Anda menambahkan nilai, memecahkan masalah, dan sebagainya. Namun, jika Anda tidak mendapatkan kepercayaan pelanggan, mereka mungkin akan membeli dari pesaing Anda yang mereka percayai - bahkan jika apa yang pesaing Anda tawarkan tidak lebih bagus dari yang Anda miliki.

9. Pemasaran adalah tentang Nilai


Pernahkah Anda melihat iklan produk Nike di mana mereka menyatakan alasan mengapa mereka lebih baik daripada Adidas dan Puma? Tidak, mereka tidak melakukannya, karena yang mereka lakukan adalah menghormati atlet hebat seperti Michael Jordan - itulah mereka, itulah  jati diri mereka. Jadi, pastikan pelanggan tahu apa yang menjadi nilai dan tujuan perusahaan Anda. 

10. Tetap Merasa Lapar, Tetap Merasa Bodoh


Jangan mudah berpuas diri, tetaplah selalu melatih diri Anda.
Belajar dan teruslah belajar. Dunia bisnis terus berubah dengan cepat dan dinamis.
Coba terus untuk melakukan hal-hal yang dipandang orang lain tidak bisa Anda lakukan.

Kesimpulan


Itulah 10 cara jadi pengusaha sukses yang diterapkan oleh Steve Jobs. Semoga dapat memberikan pencerahan kepada Anda. Jangan lupa untuk membagikan pemikiran Anda melalui form komentar di bawah.


Dukung Kami dengan Membagikan Artikel ini

Artikel Terkait