Hallo teman-teman semuanya.. Bagaimana kabar Anda hari ini? Semoga kita semua sehat selalu. Amin..
Pada kesempatan kali ini kami ingin menyampaikan materi singkat tentang buyer journey.
Dalam ilmu marketing, istilah buyer journey dikenal dengan nama "perilaku konsumen".
Tentunya sangat penting bagi seorang entrepreneur/wirausaha, marketer maupun
sales untuk memahami dengan baik tentang hal ini apalagi di jaman
digital sekarang ini yang mana ada perubahan besar yang terjadi pada
perilaku belanja konsumen.
Buyer journey terdiri dari 3 tahap (stage) yaitu:
1. Awaraness Stage (Tahap Kesadaran)
Contoh: seseorang yang sepatunya sudah usang atau sobek akan menyadari bahwa dia membutuhkan sepatu baru.
2. Consideration Stage (Tahap Pertimbangan)
Contoh: setelah sadar dia membutuhkan sepatu baru maka dia mulai
mempertimbangkan berbagai cara atau pilihan untuk mendapatkan sepatu
baru diantaranya pergi ke toko sepatu di pasar tradisional ataupun mall
atau juga berbelanja secara online.
3. Decision Stage (Tahap Keputusan)
Contoh: Saat seseorang tadi memutuskan untuk berbelanja sepatu baru
secara online, dia akan mulai mencari informasi tentang merek maupun
toko online yang menjual sepatu baru yang dia inginkan dan
membanding-bandingkan antara merek maupun toko online yang ada.
Mengapa mengetahui buyer journey sangat penting bagi bisnis Anda?
Tentunya karena hal ini merupakan faktor penting saat Anda membuat perencanaan bisnis maupun saat membuat sebuah strategi baru.
Sebagai contoh saat Anda ingin menentukan channel promosi yang akan
Anda gunakan. Apakah akan menggunakan iklan Facebook ataukah iklan
Google. Jika menggunakan iklan Facebook, jenis iklan mana yang akan Anda
pilih.
Untuk menjawab hal tersebut secara efektif, tentunya
Anda harus faham terlebih dahulu tentang buyer journey dari pelanggan
potensial bisnis Anda.
Dan untuk memahami buyer journey tentunya Anda harus tahu dengan tepat buyer persona Anda.
Apakah buyer persona itu? Harusnya hal ini yang menjadi materi pertama kita.
InsyaAllah pada kesempatan berikutnya saya akan mencoba membahas sedikit tentang buyer persona.
Terima kasih.
Note 1: Jika materi singkat ini bermanfaat bagi Anda, jangan lupa untuk dishare ke saudara dan teman-teman Anda juga ya!!
Note 2: Hindari COPAS tanpa menyertakan sumber konten atau seijin
penerbit. Mari kita lawan PLAGIAT, HOAX, SPAM, and something like that!!