6 Langkah Membuat Desain Website Keren & Moderen

desain web moderen

Desain Web Moderen, sukrisudin.id - Dewasa ini website telah menjadi kebutuhan hampir semua orang dengan berbagai macam tujuan. Baik itu untuk portfolio, toko online, blog, berita online, majalah online, dan lain sebagainya. Pada artikel kali ini, kita akan fokus pada pembahasan website portfolio yang dapat digunakan untuk keperluan bisnis maupun karir profesional.

Setelah sebelumnya Anda telah mendapat ulasan tentang bagaimana langkah-langkah membuat website sendiri, kali ini  Anda akan mendapatkan tips dan trik membuat website keren.

Berikut langkah-langkah membuat website keren dan modern dengan mudah:

1. Download dan install code editor pada komputer Anda


Code editor adalah aplikasi yang digunakan untuk menuliskan kode-kode dari sebuah website. Kode editor yang kami rekomendasikan adalah notepad++. Dengan menggunakan code editor Anda dapat memulai untuk membangun website modern Anda. Untuk mendapatkan code editor notepad++ yang terupdate, Anda dapat mendowloadnya di situs resmi notepad++ di: www.notepad++.org.

Jika Anda belum faham sama sekali tentang koding Anda tak perlu khawatir karena untuk membuat website modern Anda tidak harus menuliskan kode-kode html, css, php dan javascript. Dengan teknik customize (mengedit website yang sudah jadi sesuai dengan kebutuhan), Anda dapat membuat website modern dengan cepat, mudah, efektif dan mandiri.

desain web moderen2. Download template Bootstrap


Apakah Bootstrap itu?

Bootstrap adalah platform pembuatan website yang dibangun khusus untuk memaksimalkan tampilan
website pada perangkat mobile. Artinya saat membuat kode website pada umumnya itu untuk tampilan desktop, namun dengan adanya Bootstrap maka saat menuliskan kode website sudah ada kode khusus untuk mengatur tampilan website pada perangkat mobil atau smartphone dan juga tablet.

Anda dapat mendownload template Bootstrap secara gratis maupun berbayar (premium) melalui website yang khusus menyediakan template. Anda dapat mencoba melalukan pencarian melalui Google dengan kata kunci “free bootstrap template”.

3. Edit template Bootstrap menggunakan code editor


desain web moderen 2
Untuk mengedit kode-kode website pada template bootstrap dengan menggunakan code editor notepad++ tidaklah sesulit yang dibayangkan kebanyakan orang. Jika Anda faham sedikit tentang bahasa HTML dan CSS maka mengedit template Bootstrap akan menjadi pekerjaan yang sangat mudah, hanya seperti membuat dokumen pada aplikasi Ms.Word.

Namun jika Anda tidak memiliki pemahaman tentang bahasa HTML dan CSS, Anda tak perlu khawatir karena kami telah membuat panduan yang sangat jelas disertai dengan screenshoot layar komputer sehingga dapat mempermudah Anda untuk melakukan pengeditan template. Anda bisa mendapatkan panduannya melalui kelas online kami.

4. Sewa hosting dan domain


Jika website diibarat sebagai sebuah rumah atau kantor maka hosting adalah tanah tempat untuk meletakkan rumah atau kantor dan domain adalah alamat rumah atau kantor tersebut. Jadi agar website yang telah Anda customize tadi harus diletakkan disebuah tanah dan harus memiliki alamat sehingga dapat dikunjungi oleh semua orang melalui jaringan internet.

Anda dapat menyewa hosting dan domain melalui jasa penyedia hosting atau hosting provider yang sudah banyak juga di Indonesia. Salah satunya yang kami rekomendasikan adalah: PT. Tujuh Ion Indonesia yang memiliki support 24 jam.

Anda bisa menyewa hosting dan domain dalam jangka waktu pertahun dan memperpangjangnya kembali jika telah mencapai batas waktunya jikalau Anda masih ingin website Anda terus aktif dan bisa dikunjungi orang lain. Dan sebagai pemula Anda bisa menyewa paket hosting “Beginner” ataupun “Student”.

5. Upload file website hasil editan Anda ke control panel.


Sangat mudah untuk mengupload file-file website ke control panel. Mirip-mirip saat Anda mengupload video ke Youtube.

6. Tes/running website Anda.


Sesaat setelah mengupload semua file website Anda maka Anda bisa untuk langsung mengetes website Anda dengan cara mengetikkan alamat website Anda melalui browser yang Anda gunakan. Cek semua tampilan website dan juga tombol-tombol serta linknya apakah semuanya bekerja dengan baik. Jika ada kesalahan Anda dapat mengecek kembali file website Anda dan segera memperbaikinya kemudian mengupload ulang ke control panel.

Kesimpulan

Membuat website diera digital saat ini sangatlah mudah karena Anda tak perlu lagi menuliskan kode-kode rumit ataupun bersinggungan dengan aplikasi-aplikasi web design yang rumit. Dengan teknik customize yang telah kami paparkan di atas Anda dapat membuat website secara mandiri, lebih mudah, murah dan cepat. Yang terpenting adalah hasilnya sangat bagus. Anda memiliki website modern yang tampilannya menyesuaikan secara otomatis pada perangkat mobile atau smartphone.


http://ebook.sukrisudin.id/

Dukung Kami dengan Membagikan Artikel ini

Artikel Terkait