Blog untuk Bisnis - Pedoman Membuat Blog untuk Keperluan Bisnis Anda

membuat-blog-untuk-bisnis

Masih merupakan bagian dari langkah kedua proses memulai kampanye digital marketing yakni membuat konten digital.

Sebagai seorang pemilik bisnis ataupun marketer, untuk menjaga keterlibatan dengan pelanggan potensial Anda membutuhkan sebuah blog yang dikhususkan untuk bisnis. 

Penting untuk Anda fahami bahwa ada perbedaan mendasar di dalam membuat blog pribadi dengan blog bisnis. Melalui artikel ini kita akan membahas bagaimana teknik membuat blog untuk keperluan bisnis.

Panduan Blog Bisnis


Blog menjadikan website Anda lebih dinamis dengan otomatis mensupplai konten baru tiap kali sebuah artikel dipublikasikan. 

Mesin penelusuran memberikan penilaian dan peringkat yang tinggi untuk website yang konsisten mempublikasikan konten segar dan peringkat ini akan menjadi sumber pengunjung dan prospek baru bagi bisnis Anda.

Saat melakukan kegiatan blogging, tanggalkan pakaian kebesaran Anda sebagai seorang pemilik bisnis ataupun manajer marketing dan cobalah untuk berpikir seperti penerbit majalah.

Tujuan dari blog bisnis Anda seharusnya adalah menerbitkan postingan berkualitas dan tidak bersifat promosional, layaknya yang dilakukan oleh penerbit majalah melalui kolo atau sebuah artikel.

Dan juga pikirkan kata-kata yang Anda pakai. Hindari slogan bisnis yang hanya Anda dan karyawan Anda yang memahaminya.

Sebaliknya, pikirkan kata-kata yang digunakan oleh pelanggan dalam menggambarkan bisnis Anda dan aplikasikan frasa tersebut kedalam bahasa blog Anda.


Apa yang Saya Tulis?

panduan menulis blog bisnis
Sebagian besar blog bisnis memulai dengan sebuah tujuan. Apa yang sedang ingin Anda ajarkan pada industri dan pelanggan potensial Anda?

Pengajaran ini bukanlah tentang produk dan layanan bisnis Anda.

Ini adalah tentang isu umum pada industri Anda, permasalahan yang dihadapi oleh pelanggan potensial Anda, dan terkadang adalah solusi yang ditawarkan oleh produk ataupun layanan Anda.

Cara yang sangat bagus untum memulaii blog adalah menjawab 10 pertanyaan yang paling sering Anda dapatkan dari pelanggan baru Anda.

Lakukan hal ini sekali dalam seminggu selama 10 minggu dan Anda akan memiliki pondasi kesuksesan sebuah blog.

Saat sepuluh minggu pertama tersebut telah berakhir, periksa blog Anda untuk melihat artikel mana yang paling banyak diminati oleh pemirsa Anda.

Untuk mengukur hal ini, Anda dapat menggunakan alat bantu atau tools gratis seperti Google Analytics atau CMS HubSpot.

Jika dua atau tiga dari postingan Anda mendapatkan jumlah pemirsa dan backlink yang tinggi, cobalah untuk memperluas topiknya.

Komponen Kunci dari Sebuah Post Blog


  • Judul jelas dan detail - Judul blog post merupakan hal pertama yang akan dilihat oleh orang-orang, jadi itu seharusnya jelas mengindikasikan tentang isi dari artikel.

    Kejelasan dan pendetailan menarik perhatian pembaca dan mendorong mereka untuk membagikan artikel post kepada jaringannya.
  • Kalimat ditulis dan terformat dengan baik - Body dari postingan blog Anda harus ditulis dengan kalimat yang baik dan terformat dengan rap sehingga mudah dibaca oleh pengunjung.

    Pertimbangkan untuk menggunakan tag judul dan titik bullet untuk memecah konten menjadi beberapa bagian. Mintalah bantuan rekan kerja atau teman Anda untuk meninjau postingan sebelum Anda menerbitkannya.
  • Konten multimedia – Konten multimedia yang relevan dapat membuat sebuah postingan blog lebih diingat dan menyenangkan untuk dibaca. Dan hal itu juga membantu memecah kalimat untuk membuatnya lebih enak buat mata.

    Tambahkan minimal satu gambar relevan perpostingan blog. Presentasi slideshare, video, dan infografik merupakan contoh konten multimedia yang dapat Anda sisipkan pada postingan blog.
  • Link (tautan) - Sisipkan link pada teks untuk kontek terkait, hal itu menolong pembaca menggali lebih dalam terhadap sumber yang membuat mereka tertarik.

    Link Anda dapat secara alami diarahka ke halaman internal website/blog Anda dan juga landing page (halaman arahan) untuk membantu Anda menghasilkan lebih banyak prospek dari konten Anda
  • Ajakan bertindak (CTA) – Setiap postingan blog yang Anda terbitkan seharusnya memasukkan ajakan bertindak yang relevan pada artikel untuk membantu Anda meningkatkan pembuatan prospek.

Kesimpulan


Dengan panduan singkat tentang bagaimana membuat blog bisnis ini harapannya Anda mampu untuk membuat blog bisnis Anda secara mandiri dengan mengaplikasikan semua faktor kunci dari kesuksesan sebuah blog bisnis.

InsyaAllah pada kesempatan selanjutnya kita akan mengulas teknik mendapatkan prospek bisnis melalui blog. 

Bagi Anda yang ingin mendapatkan panduan langsung secara online tentang pembuatan blog bisnis dapat mendaftar pada program mentoring online 1 vs 1 kami.

Dukung Kami dengan Membagikan Artikel ini

Artikel Terkait