Pengenalan Digital Marketing

apa-itu-digital-marketing

Selamat pagi teman-teman entrepreneur, marketer dan sales se Indonesia..
Kembali lagi pada materi kuliah singkat kita.

Sebelumnya kita telah membahas tentang pengenalan inbound marketing yang merupakan salah satu teknik/strategi digital marketing terbaik saat sekarang ini.

Namun mungkin banyak diantara teman-teman yang belum memahami istilah digital marketing. 

Apa sebenarnya digital marketing itu?


Istilah digital marketing tidaklah jauh berbeda dari online marketing (pemasaran online) ataupun internet marketing (pemasaran internet). Hanya saja baik online maupun internet itu lebih berfokus ke internet, dalam hal ini adalah website.

Sementara digital marketing tidak terbatas pada media internet saja melainkan juga pada aplikasi mobile, banner digital seperti yang ada pada angkutan umum maupun di pinggiran jalan raya, tv online dan lain sebagainya.

Menurut HubSpot, digital marketing adalah istilah umum yang biasanya digunakan untuk menggambarkan teknik pemasaran online yang ada untuk menghubungkan perusahaan secara digital dengan pemirsanya.

Mengapa digital marketing sangat penting peranannya dewasa ini?


Tak lain dan tak bukan karena digital marketing merupakan kunci sukses bisnis Anda saat sekarang ini. Sangat sulit untuk bertahan jika bisnis Anda tidak hadir di dalam dunia digital (online). Sebagai contoh matahari mall dan toko ritel lainnya yang mengalami kerugian sangat besar sebelum beralih ke dunia digital dengan membangun toko online mereka sendiri.

Sebaliknya pemain baru maupun yang lama yang mengadopsi teknik digital marketing mendapatkan keuntungan yang sangat-sangat besar dan berkembang dengan cepat. Contohnya Lazada, Traveloka, Berrybenka, dll.

Bagaimana dengan bisnis/usaha mikro, kecil dan menengah (UKMK)?


Apakah digital marketing akan menenggelamkan mereka ataukah membantu mereka tumbuh dengan cepat?

digital-marketing-ukmSama halnya dengan bisnis besar, bisnis kecilpun berpotensi untuk tumbuh dan berkembang dengan sangat cepat dengan adanya digita l marketing.

Bahkan mereka punya kesempatan yang sama dengan bisnis besar untuk menyampaikan bisnis kepada calon pelanggan yang sama melalui platfiorm seperti Google dan Facebook.

Namun di sisi lain, pelaku bisnis UKM ini terancam ketinggalan bahkan tenggelam jika tidak mendapatkan panduan dann informasi yang benar seputar digital marketing disebabkan keterbatasan pengetahuan dan keterampilan yang mereka miliki. 

Olehnya itu penting bagi pelaku UKM untuk menemukan mentor maupun sumber informasi tentang digital marketing yang terpercaya serta terjangkau oleh dana/budget yang mereka miliki.

Saya sebagai seorang marketer yang telah memiliki pengalaman cukup banyak mengelola kampanye pemasaran digital dari beberapa bisnis UKM sangat memahami betul kendala yang dihadapi oleh mereka.

Berangkat dari kesadaran tersebutlah saya membuat kuliah singkat digital marketing, menulis artikel blog dan juga membuat eBook digital marketing dalam beberapa judul seperti panduan membuat website moderen, panduan membuat toko online profesional, ilmu pengetahuan iklan Facebook sukses, dan lainnya.

Semua itu kami lakukan untuk membantu pebisnis UKM di Indonesia untuk bisa bersaing dan memanfaatkan teknologi sebaik-baiknya dalam mengembangkan bisnis mereka.

Selain itu kami juga memiliki visi untuk memberikan mentoring kepada generasi muda agar mampu memiliki keterampilan di dunia digital marketing yang pada akhirya mereka mampu membantu melayani pemiliki bisnis baik UKM maupun bisnis besar.

Kesimpulan

Dengan memahami apa itu pemasaran digital diharapkan Anda dapat segera mengambil tindakan guna mendapatkan kesempatan dan peluang yang ada untuk pertumbuhan bisnis Anda serta tetap mampu bertahan pada persaingan dengan kompetitor Anda.

Dukung Kami dengan Membagikan Artikel ini

Artikel Terkait