Hallo teman-teman..
Kembali lagi saya ingin menyampaikan sedikit materi tentang digital marketing pada kuliah singkat kita ini.
Pada kesempatan kali ini saya akan memperkenalkan inbound marketing kepada teman-teman semuanya.
Pada materi sebelumnya Anda telah belajar mengenai buyer persona dan
buyer journey yang mana keduanya merupakan faktor kunci dari kesuksesan
inbound marketing.
Lalu Apa Sebenarnya Inbound Marketing Itu?
Sebelum menyampaikan pengertian atau definisi dari inbound marketing,
terlebih dahulu kita perlu tahu perbedaan dari Traditional Marketing
(Pemasaran Tradisional) dengan Inbound Marketing.
Traditional Marketing:
☑️ Cold Calling
Contoh: Telemarketing semisal penawaran asuransi melalui panggilan telepon.
Contoh: Telemarketing semisal penawaran asuransi melalui panggilan telepon.
☑️ Cold Emails (SPAM)
Contoh: Email yang dikirimkan secara acak kepada orang-orang yang tidak tersegmentasi dengan baik bahkan tidak dikenali sama sekali.
Contoh: Email yang dikirimkan secara acak kepada orang-orang yang tidak tersegmentasi dengan baik bahkan tidak dikenali sama sekali.
☑️ Interruptive Ads
Contoh: Iklan Pop-up dan iklan banner yang ditempatkan disembarang tempat tanpa melalui penargetan yang akurat.
Contoh: Iklan Pop-up dan iklan banner yang ditempatkan disembarang tempat tanpa melalui penargetan yang akurat.
☑️ Marketer Centric (Berfokus pada marketer)
Inbound Marketing:
☑️ SEO
Contoh: Melakukan riset kata kunci (keyword) yang terkait bisnsi Anda kemudian membuat konten untuk memaksimalkan kata kunci tersebut serta teknik lainnya untuk membuat website Anda masuk halaman pertama hasil penelusuran.
Contoh: Melakukan riset kata kunci (keyword) yang terkait bisnsi Anda kemudian membuat konten untuk memaksimalkan kata kunci tersebut serta teknik lainnya untuk membuat website Anda masuk halaman pertama hasil penelusuran.
☑️ Attraction
Contoh: Menarik pengunjung dengan membuat konten yang bermanfaat bagi pelanggan potensial. Misal apa yang sekarang saya lakukan ini dengan membuat kuliah singkat digital marketing melalui fans page.
Contoh: Menarik pengunjung dengan membuat konten yang bermanfaat bagi pelanggan potensial. Misal apa yang sekarang saya lakukan ini dengan membuat kuliah singkat digital marketing melalui fans page.
☑️ Customer Centric (Berfokus pasa pelanggan)
Definisi
Menurut HubSpt, Inbound Marketing adalah pemasaran yang difokuskan
untuk menarik pelanggan melalui konten yang relevan/terkait dan
bermanfaat serta menambahkan nilai pada setiap tahap dalam buyer journey
pelanggan Anda.
Dengan Inbound Marketing, calon pelanggan menemukan bisnis Anda melalui saluran seperti blog, penelusuran, dan media sosial.
Jadi Inbound Marketing adalah tentang melakukan pemasaran pada apa yang
disukai oleh pelanggan potensial Anda bukan sebaliknya dengan
mengganggu mereka dengan iklan pop-up, email spam dan panggilan telepon
yang tidak ditunggu atau dikehendaki.
Demikian pembahasan singkat
mengenai pengenalan inbound marketing. Semoga bermanfaat bagi kita
semua. Jangan lupa untuk share ya supaya lebih banyak yang mendapatkan
ilmu sekaligus memberi support/dukungan kepada kami untuk terus
berkarya.
Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan menyampaikan pertanyaan Anda melalui form komentar di bawah.
Sampai jumpa insyaAllah pada materi selanjutnya.