Pengenalan Inbound Marketing

apa-itu-inbound-marketing

Hallo teman-teman..

Kembali lagi saya ingin menyampaikan sedikit materi tentang digital marketing pada kuliah singkat kita ini.

Pada kesempatan kali ini saya akan memperkenalkan inbound marketing kepada teman-teman semuanya.

Pada materi sebelumnya Anda telah belajar mengenai buyer persona dan buyer journey yang mana keduanya merupakan faktor kunci dari kesuksesan inbound marketing.

Lalu Apa Sebenarnya Inbound Marketing Itu?


Sebelum menyampaikan pengertian atau definisi dari inbound marketing, terlebih dahulu kita perlu tahu perbedaan dari Traditional Marketing (Pemasaran Tradisional) dengan Inbound Marketing.

Traditional Marketing:

☑️ Cold Calling
Contoh: Telemarketing semisal penawaran asuransi melalui panggilan telepon.
 
☑️ Cold Emails (SPAM)
Contoh: Email yang dikirimkan secara acak kepada orang-orang yang tidak tersegmentasi dengan baik bahkan tidak dikenali sama sekali.
 
☑️ Interruptive Ads
Contoh: Iklan Pop-up dan iklan banner yang ditempatkan disembarang tempat tanpa melalui penargetan yang akurat.
 
☑️ Marketer Centric (Berfokus pada marketer)

Inbound Marketing:

☑️ SEO
Contoh: Melakukan riset kata kunci (keyword) yang terkait bisnsi Anda kemudian membuat konten untuk memaksimalkan kata kunci tersebut serta teknik lainnya untuk membuat website Anda masuk halaman pertama hasil penelusuran.
 
☑️ Blogging
Contoh: Membuat blog yang terkait bisnis Anda. Misal blog saya: www.blog.sukrisudin.id
 
☑️ Attraction
Contoh: Menarik pengunjung dengan membuat konten yang bermanfaat bagi pelanggan potensial. Misal apa yang sekarang saya lakukan ini dengan membuat kuliah singkat digital marketing melalui fans page.
 
☑️ Customer Centric (Berfokus pasa pelanggan)

Definisi 


Menurut HubSpt, Inbound Marketing adalah pemasaran yang difokuskan untuk menarik pelanggan melalui konten yang relevan/terkait dan bermanfaat serta menambahkan nilai pada setiap tahap dalam buyer journey pelanggan Anda. 

Dengan Inbound Marketing, calon pelanggan menemukan bisnis Anda melalui saluran seperti blog, penelusuran, dan media sosial.

Jadi Inbound Marketing adalah tentang melakukan pemasaran pada apa yang disukai oleh pelanggan potensial Anda bukan sebaliknya dengan mengganggu mereka dengan iklan pop-up, email spam dan panggilan telepon yang tidak ditunggu atau dikehendaki.

Demikian pembahasan singkat mengenai pengenalan inbound marketing. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa untuk share ya supaya lebih banyak yang mendapatkan ilmu sekaligus memberi support/dukungan kepada kami untuk terus berkarya.

Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan menyampaikan pertanyaan Anda melalui form komentar di bawah.

Sampai jumpa insyaAllah pada materi selanjutnya.

Dukung Kami dengan Membagikan Artikel ini

Artikel Terkait