Pengenalan SEO - Apakah SEO Itu?


pengenalan seo


Apa Itu SEO


Setiap kali Anda memasukkan kata kunci (baik kata ataupun frasa) di mesin penelusuran dan kemudian mengklik  tombol 'enter'  maka Anda mendapatkan daftar hasil web yang berisi istilah dari kata kunci tersebut. 

Pengunjung biasanya cenderung untuk mengunjungi situs yang berada di bagian atas daftar hasil pecarian ini karena mereka menganggap bahwa hasil tersebut lebih relevan dengan katakunci.  

Jika Anda pernah bertanya-tanya mengapa ada website yang memilik peringkat lebih baik dibanding website yang lainnya maka Anda harus tahu bahwa itu adalah karena kuatnya teknik pemasaran web yang disebut Search Engine Optimization (SEO).

SEO adalah teknik yang membantu mesin pencari menemukan dan memberi peringkat website Anda lebih tinggi dari jutaan website lain dalam menanggapi permintaan pencarian. 


Dengan demikian SEO membantu Anda mendapatkan lalu lintas dari mesin pencari. 

Artikel kami kali ini akan menguraikan tentang dasar-dasar teknik SEO.  

Cara Kerja Mesin Pencari

mesin pencariFakta pertama yang perlu Anda ketahui untuk belajar SEO adalah bahwa mesin pencari bukanlah manusia. 

Mungkin sudah cukup jelas bagi kebanyak orang tentang perbedaan antara cara pandang manusia dan mesin dalam melihat dan menilai website.

Berbeda dengan manusia, mesin pencari bekerja berdasarkan teks dari sebuah website. 

Meskipun teknologi berkembang dengan cepat, mesin pencari belumlah mampu untuk mampu merasakan keindahan dari sebuah desain website yang keren, atau menikmati suara dan gerakan dari sebuah film.

Justru sebaliknya, mesin pencari menjelajahi website, melihat item situs tertentu (terutama teks) untuk mendapatkan ide/gagasan utama dari sebuah website (tentang apa website tersebut).


Pertama, mesin pencari menjelajahi Web untuk melihat apa yang ada.  

Tugas ini dilakukan oleh sebuah software, yang disebut crawler atau spider (sebagai contoh pada mesin mencari Google dikenal Googlebot). 

Spider mengikuti link dari satu halaman ke halaman lain dan mengindeks segala sesuatu yang mereka temukan pada jalan mereka.  

Setelah diketahui jumlah halaman di Web (lebih dari 20 miliar), adalah mustahil bagi spider untuk mengunjungi semua website setiap hari hanya untuk melihat apakah halaman baru telah muncul atau jika halaman yang telah ada telah diubah, terkadang spider tidak akan mengunjungi website Anda dalam waktu kurang lebih satu hingga dua bulan.

Setelah halaman website dijelajahi, langkah selanjutnya adalah mengindeks konten/isi dari website. 

Halaman yang telah diindeks disimpan dalam database raksasa yang mana nantinya merupakan tempat dapat mengambil kembali data tersebut.  

Pada dasarnya, proses pengindeksan adalah mengenali kata-kata dan / atau frasa yang paling menggambarkan halaman dan menyimpan halaman untuk kata kunci tertentu. 

Untuk manusia tentunya tidak akan mungkin untuk memproses informasi sebanyak itu tetapi umumnya mesin pencari mampu menyelesaikan tugas ini dengan baik.  

Kadang-kadang mesin pencari mungkin tidak mendapatkan arti dari sebuah halaman yang benar tetapi jika Anda membantu mereka dengan mengoptimalkannya, maka akan lebih mudah bagi mereka untuk mengklasifikasikan halaman Anda dengan benar dan bagi Anda tentunya untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi.

Ketika ada permintaan pencarian, mesin pencari akan memprosesnya dengan cara membandingkan string pencarian dalam permintaan pencarian dengan halaman yang diindeks dalam database. 

Karena ada kemungkinan bahwa lebih dari satu halaman (secara praktisnya adalah jutaan halaman) berisi string pencarian, mesin pencari mulai menghitung relevansi dari setiap halaman dalam indeks yang tersimpan di database dengan string pencarian tersebut.

Ada bermacam-macam algoritma untuk menentukan relevansi. Tiap-tiap algoritma memiliki bobot relatif berbeda untuk faktor umum seperti link, kepadatan katakunci, popularitas media sosial, atau metatag.  

Oleh sebab itu mesin pencari yang berbeda akan menampilkan halaman hasil pencarian yang berbeda pula untuk string pencarian yang sama.  

Terlebih lagi, fakta tersebut diketahui oleh semua mesin pencari utama, seperti Google, Yahoo!, Bing, dll secara periodik mengubah algoritma mereka dan jika Anda ingin tetap di atas, Anda juga perlu mengupdate halaman website Anda agar dapat beradaptasi dengan perubahan terbaru. 

Ini adalah salah satu alasan selain pesaing Anda untuk mengabdikan upaya permanen dalam SEO, jika Anda ingin berada di atas. 


Langkah terakhir dalam aktivitas mesin pencari yaitu mengambil hasil. 

Pada umumnya, hal tersebut tidaklah lebih dari sekadar menampilkan hasil pencarian kedalam browser - yaitu halaman tak berujung hasil pencarian yang diurutkan dari yang paling relevan dengan situs yang paling relevan.

2. Perbedaan Diantara Mayoritas Mesin Pencari 

cara kerja mesin pencariMeskipun prinsip dasar operasi dari semua mesin pencari adalah sama, perbedaan kecil yang ada diantara mereka mampu menyebabkan perubahan besar dalam hasil relevansi.  

Sangat penting untuk mengetahui perbedaan diantara mesin pencari. 

Ada saat-saat, di mana para ahli SEO bercanda bahwa algoritma Bing yang sengaja dibuat hanya kebalikan dari algoritma Google. 

Adalah suatu fakta bahwa mesin pencari utama merupakan hal-hal yang berbeda dan jika Anda berencana untuk menampilkan website Anda lebih dari satu mesin pencari, Anda perlu mengoptimalkannya lebih hati-hati.

Kesimpulan


Dari uraian tentang cara kerja mesin pencari dan perbedaan diantara mesin pencari, Anda dapat mengetahui betapa pentingnya menerapkan SEO ke dalam website Anda dan mampu menerapkan strategi terbaik untuk memaksimalkan peluang dari tersedianya beberapa mesin pencari dengan algoritma yang berbeda. 

Semoga uraian dari kami tentang pengenalan SEO dapat memberi manfaat kepada pembaca sekalian.

Dukung Kami dengan Membagikan Artikel ini

Artikel Terkait