Cara Bikin Toko Online Facebook

toko online facebook 1
SukriSudin.id - Bagi Anda para pelaku bisnis sudah barang tentu tak bisa lagi lepas dari  yang namanya toko online. Disaat pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini,  di mana cara orang berperilaku ikut berubah termasuk cara mereka berbelanja maka secara  otomatis bisnis Anda membutuhkan sebuah toko online. Salah satu platform yang bisa Anda  jadikan untuk membangun sebuah toko online Anda secara gratis adalah toko online Facebook.

Meskipun toko online facebook cukup mudah untuk dibuat, namun tak semua orang dengan gampang
bisa membuatnya. Apalagi yang belum terbiasa dengan user interface dari sebuah toko online. Olehnya itu, melalui artikel ini Indonesia Digital Marketing akan menguraikan langkah demi langkah dalam membangun toko online Facebook. Berikut ulasannya.

Langkah-langkah Membuat Toko Online Facebook


1. Buat Sebuah Halaman Baru.


Untuk membuat sebuah toko online di Facebok, Anda diharuskan terlebih dahulu untuk membuat sebuah halaman baru. Di halaman itulah toko online Anda akan ditempatkan. Caranya cukup mudah :
  •  Masuk (login) ke akun Facebook Anda.
  • Klik tombol "Halaman" di sebelah kiri halaman depan Facebook Anda (lihat gambar 'cara-bikin-toko-online-Facebook-fb1' di bawah).
toko online facebook1

  • Kemudian klik tombol "Buat Halaman" di sebelah kanan atas (lihat gambar 'cara-bikin-toko-online-Facebook-fb2' di bawah)
toko online facebook 2

  • Setelah tombol "Buat Halaman" diklik maka Anda akan menemukan beberapa pilihan jenis halaman yang bisa Anda bangun di Facebook. Silahkan untuk memilih "Tempat atau Bisnis Lokal" dengan cara meng-klik-nya (lihat gambar 'cara-bikin-toko-online-Facebook-fb3' di bawah).
toko online facebook 3
  • Selanjutnya pilih jenis produk/jasa yang akan Anda jual. Kemudian isi/ketikkan nama toko online Anda. Setelah itu klik tombol "Memulai" (lihat gambar 'cara-bikin-toko-online-Facebook-fb4' di bawah).
toko online facebook 4


2. Tambahkan Foto Profil dan Foto Sampul Halaman Baru Anda


Halaman baru Anda masih dalam kondisi polos atau blank sesaat setelah Anda membuatnya. Olehnya itu Anda harus mengambil atau mengunggah (upload) dua buah foto, satu untuk foto profil satu untuk foto sampul.

Caranya adalah dengan meng-klik tombol "Tambahkan Foto" kemudian pilih foto dari media penyimpanan laptop/komputer Anda untuk diupload. Setelah foto berhasil diupload, klik "Tambahkan Sampul" kemudian pilih foto/gambar yang ingin dijadikan sampul (untuk lebih jelasnya lihat gambar 'cara-bikin-toko-online-Facebook-fb5' di bawah').

toko online facebook 5


Hasilnya seperti pada gambar 'cara-bikin-toko-online-Facebook-fb6' di bawah:

toko online facebook 6


3. Tambahkan Keterangan Singkat dan Alamat Anda.


Setelah Anda berhasil menambahkan foto profil dan foto sampul halaman baru Anda, selanjutnya Anda akan diminta untuk menambahkan keterangan singkat dan alamat Anda. Caranya adalah dengan mengklik tombol "Add a Short Description", kemudian akan muncul kotak isian. Silahkan isi dengan keterangan singkat tentang toko online Anda.

Selanjutnya, untuk menambahkan alamat Anda, silahkan meng-klik tombol "Help Customer Find Your Place", akan muncul kotak isian. Silahkan mengetikkan alamat lengkap Anda.

Anda juga bisa mengundang teman-teman Facebook Anda untuk menyukai halaman baru Anda dengan cara meng-klik tombol "Undang" di samping nama akun teman Facebook Anda pada bagian sebelah kanan halaman Facebook Anda (untuk lebih detail perhatikan gambar 'cara-bikin-toko-online-Facebook-fb7' di bawah ini).

toko online facebook 7


4. Siapkan Bagian Toko Anda.


Setelah Anda menyelesaikan langkah 1 - 3 maka langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan bagian toko online pada halaman baru Anda. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Setujui 'Ketentuan dan Kebijakan Pedagang' dengan cara meng-klik kotak centang yang ada. Kemudian klik tombol "Lanjutkan". Jika Anda tak menemukan  bagian ini, silahkan untuk meng-klik tombol "Toko" di sebelah kiri halaman baru Anda (perhatikan gambar 'cara-bikin-toko-online-Facebook-fb8' di bawah ini).

    toko online facebook 8
  • Selanjutnya, tentukan mata uang yang akan Anda gunakan. Jika Anda menargetkan pasar dalam negeri, silahkan memilih 'Rupiah Indonesia'. Kemudian klik tombol "Simpan" (perhatikan gambar 'cara-bikin-toko-online-Facebook-fb9' di bawah ini).

    toko oline facebook 9

5. Menambahkan Produk.


Setelah Anda selesai menyiapkan bagian toko online Anda, maka langkah selanjutnya yang merupakan langkah terakhir dari proses membangun toko online Facebook yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan foto, deskripsi dan harga produk Anda. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Klik tombol "Tambahkan Produk" (perhatikan gambar 'cara-bikin-toko-online-Facebook-fb10' di bawah ini).

    toko online facebook 10


  • Kemudan klik tombol "Tambahkan Foto", pilih foto produk dari media penyimpanan komputer/laptop Anda. Setelah itu, isi/ketikkan nama, harga, dan keterangan/deskripsi produk Anda pada kolom yang disediakan.

    Selanjutnya klik tombol pilihan "Unggulkan produk ini" jika produk Anda ini adalah produk unggulan dan klik tombol pilihan "Bagikan produk ini di halaman Anda" jika Anda ingin membagikannya pada halaman depan (beranda) dari akun Facebook Anda. Kemudian klik tombol "Simpan" (perhatikan gambar 'cara-bikin-toko-online-Facebook-fb11' di bawah ini).

    toko online facebook 11
Hasilnya adalah seperti pada gambar  'cara-bikin-toko-online-Facebook-fb12' di bawah ini" :

          toko online facebook 12

  • Tambahkan produk Anda yang lain dengan cara klik tombol "Tambahkan Produk" di samping kiri gambar produk yang telah ditambahkan sebelumnya ("perhatikan gambar 'cara-bikin-toko-online-Facebook-fb13") di bawah ini.

    toko online facebook 13
Untuk proses selanjutnya sama dengan langkah sebelumnya pada gambar fb11 dan fb12.
  • Proses pembuatan toko online Facebook Anda telah selesai. Hasilnya seperti pada gambar 'cara-bikin-toko-online-Facebook-fb14' di bawah di bawah ini.

    toko online facebook 14

  • Jika ada pengunjung toko online Facebook Anda yang melihat produk yang Anda tawarkan tersebut kemudian tertarik, maka mereka akan meng-klik gambar atau nama produk Anda untuk melihat lebih detail tentang produk Anda tersebut. Selanjutnya mereka akan mengirim pesan kepada Anda melalui massenger atau inbox (perhatikan gambar 'cara-bikin-toko-online-Facebook-fb15' di bawah ini).
toko online facebook 15

  • Kini toko online Facebook Anda siap digunakan untuk menawarkan produk Anda. Untuk menjangkau pelanggan potensial Anda, sebaiknya Anda mempromosikan toko online Anda tersebut baik melalui Facebook itu sendiri ataupun media online lainnya.

Kesimpulan


Sekian uraian dari Digital Marketer tentang cara bikin toko online Facebook ini. Semoga bermanfaat bagi pelaku bisnis khususnya pelaku bisnis UKM tanah air. Jika Anda memiliki pertanyaan seputar toko online Facebook, silhkan tinggalkan pertanyaan dan pesan Anda pada kolom komentar di bawah artikel ini.

Dukung Kami dengan Membagikan Artikel ini

Artikel Terkait